oleh

Rupiah Lemah, Dollar Palsu Meneror

TEMANGGUNG – Tingginya nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah, terlebih akhir-akhir ini yang menyentuh angka Rp 14.000/USD, diduga kuat dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab dengan memalsukan mata uang tersebut.

Hal ini diperkuat dengan temuan selembar uang pecahan 100 USD oleh Adit, 23, warga Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. Dirinya mengaku, awalnya saat mengendarai sepeda motor dari kejauhan tampak tergeletak selembar kertas yang memiliki bentuk serta ukuran menyerupai uang kertas. Benar saja, setelah didekati, ternyata uang dollar. ’’Saya lihat uang itu saat melintas di tepi jalan, sekitar perbatasan Kranggan-Secang. Tepatnya di bawah pohon. Langsung saya ambil saja,” katanya.

Baca Juga:  Bergelar Doktor, Habib Rizieq Berpeluang Menjadi Dosen

Dia menjelaskan, saat pertama kali ditemukan, uang tersebut sudah dalam kondisi lusuh dan sedikit robek di beberapa sisinya. Dirinya tak menaruh kecurigaan sedikitpun, lantaran belum begitu paham seperti apa spesifikasi dan bentuk uang USD yang lazim beredar secara sah. ’’Dalam benak saya, uang dollar itu kalau ditukarkan jumlahnya mencapai jutaan rupiah,” imbuhnya.

Selang beberapa hari, dia iseng-iseng mencoba menukarkannya di salah satu tempat penukaran mata uang asing (money changer) di Kota Magelang. Namun, betapa terkejutnya setelah mengetahui bahwa uang tersebut ternyata palsu.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga