Ribuan Warga Desa Sadu Ikuti Gerak Jalan

[tie_list type=”minus”]Rangkaian Kemeriahan HUT RI ke-70[/tie_list]

SOREANG – Ribuan warga memadati area halaman kantor Desa Sadu Kecamatan Soreang untuk melaksanakan kegiatan gerak jalan santai dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-70 kemarin (13/9) pagi.

Antusiasme masyarakat begitu tinggi, terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar yang notabene bukan hanya berasal dari Desa Sadu. Akan tetapi banyak juga warga luar daerah tersebut yang ikut serta.

”Untuk tahun ini memang luar biasa, kita menargetkan peserta sebanyak dua ribu orang. Ternyata target tersebut memang tercapai. Ada sekitar tujuh puluh persen warga kami yang mendaftar, dan tiga puluh persennya merupakan warga desa lain yang berada di sekitar wilayah desa kami,” papar ketua Karang Taruna Desa Sadu Anton Kurniawan di Kantor Desa Sadu kemarin.

Menurut Anton, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang memang dilaksanakan setiap memperingati hari kemerdekaan RI. ”Ini merupakan tahun ke tujuh pelaksanaan kegiatan dan antusiasme warga dari tahun ke tahun memang sangat luar biasa. Pesertanya saja mencapai dua ribu orang,” paparnya lagi.

Kegiatan itu berjalan lancar dan kontinyu setiap tahunnya, menurut Anton, disebabkan adanya sinergitas yang sangat baik antara pemerintah setempat dengan para pemuda. Dirinya sebagai tokoh pemuda sengaja merekrut pengurus Karang Taruna dari setiap RW untuk dijadikan pengurus Karang Taruna Desa agar bisa menciptakan regenerasi kepemudaan yang berkesinambungan. Selain itu, dia menilai rasa kebersamaan dan kerjasama antar warga pun akan semakin terpupuk. Sehingga tidak akan terjadi kesenjangan antar warga masyarakat. ”Untuk kegiatan ini saja, kita benar-benar berjalan murni tanpa sponsor. Kecuali donator-donatur dari warga setempat dan juga hasil pengumpulan uang pendaftaran para peserta,” tuturnya.

Gerak jalan santai yang mengambil rute sepanjang tiga kilometer dan dilepas oleh Bupati Bandung Dadang M Naser tersebut memperebutkan doorprize menarik, termasuk grandprize satu buah sepeda motor, lemari es dan sebuah sepeda.

Kepala Desa Sadu Wawan Kurniawan menyatakan, pihaknya senantiasa mendorong setiap kegiatan positif yang dilakukan oleh para pemuda di wilayahnya. ”Setiap ada moment baik mereka selalu tanggap. Maka saya pun turut tanggap memberikan dorongan kepada mereka,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan