Jangan Abaikan Tidur Siang, Manfaat bagi Jantung

TIDUR siang merupakan aktivitas yang sering diabaikan oleh orang-orang yang telah menginjak dewasa. Padahal dengan tidur siang seseorang akan lebih berstamina saat bangun dan bisa mengistirahatkan pikiran sejenak.

Tidur siang yang paling baik adalah antara pukul 13.00 hingga pukul 15.00 dengan waktu 30-45 menit. Jika Anda bisa memanfaatkan waktu ini dengan tidur yang lelap dan cukup, maka manfaat yang Anda peroleh dari tidur siang ini juga tak main-main. Salah satunya adalah tidur siang bermanfaat bagi jantung Anda.

Para peneliti melihat bagaimana hubungan antara tidur siang selama satu jam dengan tekanan darah di antara hampir 400 orang setengah baya yang memiliki tekanan darah tinggi.

Hasilnya, mereka yang tidur siang, tekanan darah sistolik mereka (jumlah di atas rasio tekanan darah standar) turun rata-rata 5 persen dibandingkan dengan pasien yang tidak beristirahat.

Lebih khusus, tim menemukan bahwa mereka yang tidur siang, tekanan darah mereka turun 4 persen pada siang hari dan 6 persen saat tidur di malam hari.

’’Pengurangan tekanan darah sistolik sekecil 2 mmHg bisa mengurangi risiko kejadian kardiovaskular hingga 10 persen,” kata penulis studi Dr. Manolis Kallistrato, seperti dilansir laman Health.

Temuan ini muncul bahkan setelah memperhitungkan berbagai faktor yang bisa memengaruhi tekanan darah, termasuk riwayat merokok, garam, alkohol, asupan kopi, dan aktivitas rutin.

Tidur siang juga terkait dengan pengurangan ukuran bagian atrium kiri jantung.

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur siang memiliki lebih sedikit kerusakan dari tekanan darah tinggi pada arteri dan jantung. (fny/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan