Belum Merembet ke Kabupaten Bandung

[tie_list type=”minus”]Kecamatan Kertasari Wilayah Terdampak [/tie_list]

SOREANG – Kebakaran yang diperkirakan menghanguskan ratusan hektar lahan hutan di Gunung Papandayan,Kabupaten Garut,dikhawatirkan akan meluas ke kawasan Kabupaten Bandung mengingat gunung tersebut berada tepat di perbatasan antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.

Kendati sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya rembetan api ke wilayah Kabupaten Bandung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung tetap meningkatkan kesiapsiagaannya di kawasan perbatasan dengan Garut. ’’Sampai saat ini kebakaran hutan tersebut belum merambat ke kawasan Kabupaten Bandung,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Cecep Hendrawan kepada Bandung Ekspres, kemarin (8/9).

Cecep mengatakan, kecil kemungkinan kebakaran hutan tersebut akan merambat ke Kabupaten Bandung karena secara geografis berbatasan tepat dengan Gunung Papandayan merupakan lahan PTPN VIII. ’’Gunung itu kan berbatasan langsung dengan Perkebunan Teh Santosa yang membelah dua wilayah di Gunung Papandayan tersebut,” katanya.

Jadi, jika kebakaran mengarah ke wilayah Kabupaten Bandung, maka akan terhalang oleh perkebunan teh. Menurutnya, di wilayah itu juga banyak petugas pemeliharaan perkebunan yang akan segera tanggap apabila sampai terjadi kebakaran. ’’Kita akan langsung mendapat laporannya jika kebakaran masuk wilayah Bandung,” tukas Cecep.

Gunung Papandayan berbatasan langsung dengan Kecamatan Kertasari dan Kecamatan Pangalengan, jika kebakaran meluas, kemungkinan besar yang akan terdampak adalah wilayah Kertasari. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak BPBD telah menyiagakan personil di kecamatan. ’’Terutama relawan dari tiap kecamatan. Petugas dari perkebunan dan Desa Batarua pun selalu siaga, sama seperti halnya dari Perhutani,” sahutnya.

Jika terjadi kebakaran, BPBD segera mengerahkan tim untuk memadamkan api. Dalam kondisi geografis curam, pemadaman api hanya bisa dilakukan dengan sistem sekat bakar atau sekat antara lahan yang terbakar dengan yang belum. ’’Sulit mendapat air jika lokasi kebakarannya di dataran tinggi. Pemadaman api biasanya dipersulit dengan tiupan angin yang kencang dan cuaca terik,” terangnya.

Dalam setahun ini, kebakaran hutan belum pernah terjadi di Kabupaten Bandung. Kebakaran lahan hanya terjadi di kawasan perkebunan, di antaranya Kecamatan Kutawaringin dan Ciwidey.

Tinggalkan Balasan