Enam Makanan Bikin Mata Bening

ADA jutaan orang yang menderita degenerasi makula dan katarak. Jumlah ini bisa terus mengalami peningkatan jika selalu mengabaikan kesehatan mata.

Padahal amat penting untuk menjaga pembuluh darah mata agar tetap sehat. Solusinya adalah dengan menghidari penyebab timbulnya keluhan pada mata dan menjaga kesehatan mata.

Berbicara mengenai kesehatan mata, bukan hanya perawatan dari luar saja yang dibutuhkan, perawatan dari dalam seperti memasukan sejumlah makanan sehat pada menu harian Anda juga tak kalah dibutuhkan.

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa asupan makanan yang kaya akan nutrisi ikut berperan dalam melindungi kesehatan mata.

Berikut ini makanan yang baik untuk menyehatkan mata dan penglihatan, seperti dilansir laman Care2.

  1. Jeruk dan Alpukat

Jeruk sangat bagus untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin C dan karotenoid, nutrisi kunci yang baik untuk pertumbuhan mata.

  1. Brokoli Rabe dan Pine Nuts

Mirip dengan kombinasi alpukat-jeruk, lemak dalam kacang pinus membantu tubuh menyerap nutrisi penting yang ditemukan dalam brokoli rabe. Brokoli rabe merupakan sumber nutrisi mata yang sehat yang mengandung lutein dan zeaxanthin.

  1. Lentil dan Red Pepper

Vitamin C membantu tubuh Anda menyerap zat besi dan bisa ditemukan dalam makanan nabati (seperti lentil) yang sangat bermanfaat bagi mereka yang vegetarian dan orang yang makan jumlah yang lebih kecil dari protein hewani. Ingin meningkatkan penyerapan zat besi dari kacang Anda? Padukan dengan paprika merah yang merupakan sumber vitamin C, antioksidan kuat yang bisa membantu melindungi terhadap kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia.

  1. Bayam dan Lemon, Jeruk, Tomat atau Stroberi

Bayam adalah makanan nabati kaya zat besi yang lain. Bayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi kunci untuk kesehatan mata. Ketika dipasangkan dengan buah-buahan yang kaya vitamin seperti lemon, jeruk, tomat atau stroberi, tubuh akan menyerap zat besi dari bayam dan mata akan mendapatkan nutrisi mata yang sehat.

  1. Salmon dan Bayam

Kombinasi omega-3 asam lemak, lutein dan zeaxanthin bisa membantu meningkatkan pigmen di retina dan membantu orang dengan degenerasi makula terkait usia. Salmon merupakan sumber potensial dari asam 3-lemak omega dan bayam memiliki jumlah tinggi lutein dan zeaxanthin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan