Nadal Ditumbangkan Petenis Papan Bawah

NEW YORK – Tren buruk Rafael Nadal berlanjut di Grand Slam seri US Open 2015. Nadal dipaksa mengakui ketangguhan Fabio Fognini dengan skor 6-3, 6-4, 4-6, 3-6, 4-6 di Flushing Meadows, Sabtu (5/9) WIB.

Rafael Nadal
ISTIMEWA

KALAH: Petenis Rafael Nadal harus tersingkir di AS Terbuka ketika baru memasuki babak ketiga setelah tunduk dari petenis non unggulan asal Italia, Fabio Fognini.

Ini adalah kali pertama Nadal tersingkir setelah sempat memenangkan dua set awal. Kekalahan itu juga membuat Nadal dipastikan tak akan bisa memenangkan satupun trofi Grand Slam musim ini. Catatan itu mengakhiri kesuksesan Nadal yang berhasil merebut minimal satu trofi Grand Slam dalam semusim selama sepuluh tahun terakhir. Di sisi lain, Fognini yang menjadi unggulan ke-32 bakal menghadapi Feliciano Lopez pada babak keempat.

Fogini pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Pasalnya, dia harus bertanding selama tiga ham 46 menit untuk memetik kemenangan. ”Saya tak bisa membayangkan kebahagiaan ini. Ini adalah laga yang sulit. Melawan Nadal dan kalah dua set awal. Ini adalah pertandingan luar biasa,” terang Fognini di laman BBC.

Fognini pun nyaris tak percaya dengan hasil hari ini. ”Kekalahan di awal pertandingan tadi tak membuat saya putus asa. Dalam hati, saya tekankan untuk terus berusaha,” ujar Fognini.

Menurut Fognini, pertandingan sangat sulit baginya. Memang tak pernah mungkin menang mutlak atas Nadal. Pada babak 16 Besar, Fognini (32) akan bertemu unggulan 18 asal Spanyol Feliciano Lopez yang mengalahkan petenis Kanada unggulan 10 Milos Raonic 6-2, 7-6 (7/4), 6-3.

Meski begitu, Nadal juga membantah sendiri ucapannya yang mengaku dirinya sudah melamban. “Saya kira saya mengalami peningkatan sejak awal musim (2015) ini,” kata Nadal. Tahun lalu, ia absen di Flushing Meadows karena mengalami cedera pergelangan tangan.

”Permainan saya tidak seburuk pada awal musim. Saya kalah karena lawan memang lebih baik. Tidak seperti musim lalu, saat saya bermain sangat buruk,” ujarnya.

Fognini yang diunggulkan di tempat 32 menjadi petenis asal Italia pertama yang lolos ke babak 16 besar di turnamen AS terbuka sejak Davide Sanguinett pada 2005. Ia akan menghadapi petenis Spanyol, Feliciano Lopez. (jos/jpnn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan