IPSI Kota Bandung Berharap Miliki Sanggar Seni

BANDUNG – Dari tahun ke tahun, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bandung mendulang sejumlah prestasi. Namun dari jerih payah yang diraih itu, hingga kini tidak mendapat perhatian serius dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat maupun pemerintah untuk memiliki sarana prasaran berupa sanggar seni pencak silat.

IPSI Kota Bandung
ISTIMEWA

BERTANDING: Du atlet pencak silat tengah bertarung. Saat ini, sarana
dan prasarana pencak silat di Kota Bandung masih jauh dari harapan.

”Tahun lalu, Wali Kota Bandung sempat bilang akan mengupayakan sanggar seni pencak silat, namun hingga kini belum ada realisasi. Padahal waktu itu, ketua IPSI di tempati oleh Kadispora sebelum diganti. Tapi tidak dimasukan kedalam rencana anggaran untuk sanggar seni pencak silat,” keluh Sekum IPSI Kota Bandung Cecep Muharam kepada Bandung Ekspres di GOR Pajajaran Bandung kemarin (30/8).

Menurut Cecep, dari tahun ke tahun atlet IPSI mengalami peningkatan yang jauh lebih maju apabila dibandungkan dengan atlet lain. Di samping para atlet yang semakin bertambah banyak, juga kegiatanpun dilaksanakan dalam tiga bulan sekali.

Cecep menerangkan, bahwa para atlet pencak silat kebanyakan dari golongan kelas menengah ke bawah. Kondisi ekonomi merekapun seharusnya perlu diperhatikan kalau ingin lebih maju. Untuk para atlet ekonominya ke bawah, seharusnya ada yang menjadi bapak angkat bagi mereka.

”Ketika atlet pencak silat meraih juara, seharusnya KONI atau Pemerintah menawarkan pendampingan kepada mereka yang memiliki prestasi menjadi bapak angkat. Namun ini kan tidak,” terangnya.

Sejauh ini, belum ada yang memperhatikan IPSI. Jangankan sarana dan prasarana. Padahal kalau melihat historis, banyak prestasi yang diraih IPSI sehingga membawa harum Kota Bandung pada khususnya, Jawa Barat pada umumnya. (aku/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan