Damkar Kota Bandung Kewalahan

[tie_list type=”minus”]Terjadi Empat Kebakaran Dalam Waktu Bersamaan[/tie_list]

COBLONG – Warga Kota Bandung perlu lebih waspada. Dalam sehari kemarin (21/8), empat peristiwa kebakaran terjadi. Kondisi itu membuat Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung kewalahan.

Menurut Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran (damkar), Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung Yosep Heryansyah, kejadian itu sampai membuat bingung personelnya. Sebab, pada jam yang sama terjadi kebakaran di dua lokasi bersamaan dengan skala besar, sekitar pukul 3 sore. Di Cimindi dan kebakaran ilalang di lapangan Golf Arcamanik. Sebelumnya, telah terjadi kebakaran di daerah Perumahan Batununggal dan kawasan pemukiman Bihbul Sindanglaya.

Melihat keadaan itu, pihaknya berupaya mengerahkan seluruh armada sekaligus pembagian tugas dan kerja sama ekstra. ’’Empat kejadian kebakaran ini bukan main menguras tenaga seluruh personel damkar yang ada. Terlebih kondisi sumber air untuk memadamkan api sangat sulit,’’ ungkap dia kemarin.

Dia mencontohkan seperti kebakaran di Lapangan Golf Arcamanik cukup sulit dipadamkan, dibandingkan lokasi lain. Sebab, luas lahan yang terbakar mencapai 40 hektare lebih. ’’Kalau yang lain itu kan rumah atau pertokoan. Tapi, kalau di Arcamanik itu lapangan golf dan luas lahan yang terbakarnya berhektare-hektare,’’ kata dia.

Kebakaran di Arcamanik, kata Yosep, terjadi sejak pagi hari. Sedangkan, kebakaran rumah di Batununggal, Bihbul Sindalaya dan Cimindi sudah bisa dipadamkan tapi. Sebagian petugas masih berada di sana untuk memastikan api telah padam.

Meskipun, dari empat kejadian kebakaran itu, pihaknya sangat kekurangan personel dan mobil damkar. Karena itu, itu beberapa unit damkar dari instansi lain, seperti Kota Cimahi, dan milik Pemprov Jabar dilibatkan.

Di Lapangan Golf Arcamani milik Pemprov Jabar, luas area yang terbakar 40 hektare dari luas keseluruhan 60 hektare. Alang-alang yang menutupi lapang itu usai pemadaman dan isolasi selama hampir 5 (lima) jam, sejak pukul 10.40 WIB hingga pukul 16.15 WIB, kini jadi lautan abu hitam.

Ada tiga (tiga) titik pusat kebakaran. Di Jalan Golf Baru III, Jalan Pacuan Kuda, dan Jalan Golf Baru VIII, RT 09 RW 11 Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik. Jumlah titik itu sempat membuat para petugas pemadam ketar ketir. Pasalnya, api yang membumbung tinggi sempat menyentuh jaringan kabel sutet. ’’Radiasi api bila terlalu lama bukan tidak mungkin memutus kabel sutet,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan