Garut Jadi Lokasi Pra PON Sepeda

 

GARUT– Bulan depan akan menjadi bulan yang cukup besejarah untuk Kabupaten Garut. Pasalnya Penyelenggaraan Pra Pekan Olahraga Nasional (PON), khusunya untuk cabor MTB (Montain Bike) dan Road Race akan diselenggarakan di Kabupaten Garut selama satu minggu, mulai tanggal 3-7 September 2015 mendatang. Hal tersebut diungkapkan ketua KONI Garut, H Ato Hermanto, saat ditemui di kantor KONI, Jalan Cimanuk, kemarin (20/8).

Penetapan Garut selaku penyelanggara Pra PON, ucapnya memang sangat mendadak. ”Awalnya pra PON bakal diselenggarakan di Bandung dan Kabupaten Bandung, hanya saja dengan kondisi kemacetan Kota Bandung hal tersebut sangat tidak mungkin jika dipaksakan,” kata Ato.

Menurutnya, awalnya para peserta MTB serta Road Race akan melahap jalan dari Gedung Sate hingga ke Cikole maupun ke Tangkubang Perahu. Hanya saja dengan rute yang dilewati itu, kata Ato, terbilang sangat risakan.

”Garut saya tawarkan memiliki rute yang sangat mirip dengan rute tersebut dan justru jalanan yang bisa lebih dikendalikan ketimbang harus memaksakan rute di Bandung,” ungkapnya.

Menurut Ato, kurang lebih 300 atlet peserta PON akan meramaikan jalanan di Garut. ”Ini banyak para atlit pesepeda Nasional yang akan melahap jalanan Kota Garut, dan ini akan menjadi hiburan bagi masyarakat,” katanya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat Garut agar bisa menyambut para altet Nasional dengan ramah. Karena bukan tidak mungkin para Altlit nasional tersebut akan kembali datang ke Garut. ”Saya harap ada penyambutan yang meriah dari masyarakat Garut,” harapnya.

Lebih jauh Ato menerangkan, para atlet Nasional tersebut akan melahap lebih kurang 80 KM jalur yang disiapkan, star di Gedung Pendopo, mengelilngi Garut, keluar di Banyuresmi masuk ke Lewigoong sampai ke Nagreg dan terus masuk ke Kadungora, Leles, serta belok di pertigaan menuju Samarang dan belok menuju finis di Kamojang.

Track ini sudah disurvei belum lama ini, dan memang waktunya sangat singkat kita juga memiliki waktu persiapan yang lebih kurang satu minggu,” katanya.

Sementara untuk MTB akan diberikan track di Cibeureum, karena menurut Ade Hendarsyah Sekretaris Dispora, track Cibeureum sudah memenuhi kwalifikasi sebagai track Nasional. ”Track Cibeureum nanti akan kita berikan pada kelas mounten bike, karena track di sana sudah standar nasional,” paparnya. (jpnn/fik)

Tinggalkan Balasan