Atlet Kabupaten Siap Bersaing

NGAMPRAH – Masuknya atlet basket Bandung Barat di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) menjadi harapan besar atlet Bandung Barat lolos kePON 2016. Bahkan, dalam dua tahun terakhir beberapa atlet basket Bandung Barat sudah lolos dalam Pekan Olahraga Daerah (PORDA).

Dikatakan Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Bandung Barat Teddi Haryadi, banyak atlet-atlet basket Bandung Barat yang sudah dipersiapkan untuk PON 2016. Para atlet itu sudah diberikan pengalaman bertanding, baik skala Nasional maupun lokal. Diapun memastikan atlet Basket Bandung Barat dapat lolos di PON Jawa Barat.

”Saat ini posisi atlet basket Bandung Barat menempati posisi 20 besar. Kedepannya, akan diseleksi untuk masuk 12 besar,” ucapnya kepada Bandung Ekspres, saat ditemui pada upacara 17 Agustus di komplek perkantoran Pemda Bandung Barat.

Dari beberapa pertandingan yang sudah digelar, atlet-atlet basket di Bandung Barat sudah mendapatkan kontrak untuk mengikuti PON, saat ini ketiga atlet tersebut tengah berada di Gorontalo dan Bengkulu. Dia menjelaskan, atlet-atlet Basket di Bandung selalu dibina untuk mengikuti berbagai pertandingan guna menambah pengalaman dari masing-masing atlet.

”Yang namanya atlet akan semakin bagus jika semakin sering bertanding. Kemampuannya akan terus terasah,” ucapnya.

Teddi menuturkan karena keterbatasan yang ada di Bandung Barat, atlet-atlet basket Bandung Barat selalu mengikuti pertandingan di Kota Bandung. Bahkan sejumlah atlet di sekolahkan di Kota Bandung untuk di Bina dan dididik tetapi, tetap mereka berdomisili di Bandung Barat. Sebanyak 9 orang atlet yang di sekolahkan di Kota Bandung diantaranya, SMAN 2 Bandung dan SMAN 9 Bandung. Sementara untuk pertandingan basket, Bandung Barat masih belum banyak digelar. Padahal, hal tersebut merupakan awal untuk mencari bibit muda yang unggul.

”Sekarang jajaran perbasi Bandung Barat sedang mendidik SMA 1 Cisarua untuk jadi penguatan di olahraga basket,” ucap pria yang merangkap sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bandung Barat.

Dia menambahakan, kedepannya dia akan bekerjasama dengan dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Disdikpora) Bandung Barat membina sejumlah SMA dan SMK untuk menjaring atlet-atlet baru Bandung Barat, juga akan di gelar pertandingan-pertandingan basket antar siswa SMA dan SMK.

Tinggalkan Balasan