Wujud Syukur BPMPD Jabar Rayakan Prestasi Gubernur dan Kemerdekaan RI

[tie_list type=”minus”]Dari Main Gatriks sampai Potong Tumpeng[/tie_list]

MEMAKNAI hari Kemerdekaan Indonesia HUT RI ke-70 tahun, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Daerah (BPMPD) Provinsi Jawa Barat, ikut serta meramaikan kemeriahannya. Bertempat di kantor BPMPD Jabar, Jalan Soekarno Hatta No. 466 Bandung, staf, karyawan, dan pimpinan menggelar perlombaan khas 17 Agustusan.

BPMPD Jawa BaratAcara ini dipimpin langsung oleh Kepala BPMPD Jabar Dede Rusdia dan Sekretaris BPMPD Jabar MA Afriandi. Sebanyak 70 hadiah dibagikan kepada para pemenang, sesuai dengan usia kemerdekaan RI. Puncak acara diakhiri dengan potong tumpeng dan makan bersama.

Tak hanya itu, kemeriahan ini sekaligus wujud rasa syukur atas prestasi yang sudah diraih Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. ’’Ini merupakan salah satu bentuk ucapan syukur, karena gubernur kita mendapatkan Bintang Jasa Utama. Sekaligus merayakan kemerdekaan juga,’’ ucap Dede kepada Bandung Ekspres.

Dede mengungkapkan, khusus hari Jumat, permainan yang ditonjolkan bernuansa tradisional. Yaitu gatriks, congklak, makan kerupuk, dan balap kelereng. Menurut dia, semua lomba itu mengandung nilai filosofi. Pihaknya mengadopsi permainan tradisional, karena banyak yang tidak mengetahui. Selain fun game, ada pula lomba memasak nasi goreng yang dilakukan oleh Kaban dan Kabit.

Peserta yang mengikuti acara ini terdiri atas berbagai lapisan. Di antaranya, PNS, CPNS, pegawai outsourcing, maupun yang praktik kerja. Ada pula tamu undangan, yaitu Dharma Wanita dan pensiunan.

Dede menuturkan, acara semacam ini mengandung makna syukur. Terlebih, setiap manusia, sambungnya, wajib bersyukur atas nikmat-nikmat yang sudah diberikan Tuhan. Maka dari itu, pihaknya khusus menyambut HUT RI dengan memanfaatkan momen berbahagia dan mulia. Meski skalanya kecil, Dede berujar, yang paling penting adalah makna dari kebersamaan dan tasyakurnya. ’’Kami mencoba membuat gerakan-gerakan yang sifatnya mendasar dan sederhana tapi membahagiakan,” ujar Dede.

Dia sendiri mengungkapkan, baginya makna hari kemerdekaan sangat membahagiakan. Yang artinya mensyukuri nikmat, jaga nama baik negara dan jaga nama baik pemerintahan. ’’Sebagai aparatur kita harus memakmurkan bangsa dan negara,’’ tandasnya.

Sekretaris BPMPD Jabar MA Afriandi menuturkan, acara ini juga sebagai simbol perayaan HUT Pemerintah Provinsi Jabar ke-70 tahun. ’’Kita menyukuri sudah 70 tahun merdeka. Momen ini kita gunakan untuk membangkitkan kembali kebersamaan. Dulu kita bisa menghapus penjajahan, karena kita satu makna. ,” ujar pria yang akrab disapa Ade ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan