Ajukan Hibah Rp 40 Miliar

[tie_list type=”minus”]Gunakan untuk Perbaikan Pendidikan [/tie_list]

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi mengusulkan anggaran dana hibah senilai Rp 40 miliar dan bantuan Pembinaan Anak Usia Dini (PAUD) pada APBD Kota Cimahi 2016. Hal ini terlihat dalam Kebijakan Umum Anggaran Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (KUA PPAS) yang disampaikan wali kota Cimahi kepada DPRD Kota Cimahi belum lama ini.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kota Cimahi Chanifah Listyraini membenarkan adanya pengajuan dana hibah tersebut. Saat ini, kata dia, pengajuan tersebut sedang dibahas antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD Kota Cimahi.

”Benar, dalam KUA PPAS tersebut kami mengajukan anggaran dana hibah Rp 40 miliar dan PAUD Rp 15 miliar,” terangnya, saat dihubungi kemarin.

Menurut Chanifah, pengajuan dana hibah Rp 40 miliar tersebut disampaikan kepada Badan Anggaran DPD Kota Cimahi untuk kegiatan Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawasan Pemilu, terkait dengan akan dilaksanakannnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Cimahi pada Februari 2017 mendatang. Pengajuan dilakukan pada tahun ini, karena tahapan Pemilukada di Kota Cimahi harus dilaksanakan pada 2016 mendatang.

Dia merinci, anggaran Rp 40 miliar tersebut akan dibagi. Lebih dari Rp 30 miliar akan digunakan untuk mendanai kegiatan KPU dan Panwaslu Kota Cimahi, sementara sisanya untuk kegiatan masyarakat. Di antaranya untuk Palang Merah Indonesia (PMI), KONI Kota Cimahi, dan Pembinaan Pramuka di KJota Cimahi.

”Pembahasan anggaran untuk Pemilukada harus dimulai sejak sekarang. Sehingga pada awal 2016 sudah bisa digunakan untuk membiayai tahapam pelaksanaan Pemilukada di Kota Cimahi Februari 2017 mendatang,” paparnya.

Sedangkan dana PAUD Rp 15 miliar yang diajukan dalam KUA PPAS tersebut baru merupakan usulan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebab, di Pemprov Jabar ada anggaran untuk PAUD.

”Memang ada peluang yang dibuka oleh pemerintah provinsi untuk hal itu. Jadi kami dalam KUA PPAS tersebut mencantumkan usulan dana PAUD tersebut,” tandasnya.

”Jika usulan ini disetujui tidak akan menggunakan anggaran murni dari APBD Kota Cimahi, tetapi dari bantuan provinsi tersebut,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan