oleh

Kejar Piala Adipura

[tie_list type=”minus”]Pemkab Benahi TPA Sarimukti[/tie_list]

NGAMPRAH – Demi meraih Piala Adipura, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat membersihkan tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti. Pasalnya, tahun ini, Kabupaten Bandung Barat Barat mengikuti seleksi pemilihan kota/kabupaten Adipura. Tahun ini juga, KBB untuk kali pertamanya mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Kepala Dinas Ciptakarya Kabupaten Bandung Barat Anugraha mengatakan berbagai persiapan menuju penilaian Adipura sudah dilaksanakan. Seperti bersih-bersih jalan hingga perbaikan TPA Sarimukti. ”Dilihat dari berbagai berbagai aspek, barulah di tahun 2015 ini Bandung Barat dianggap mapan mengikuti Adipura,” ucapnya Anugraha saat ditemui Bandung Ekspres di kantornya kemarin (10/08).

Baca Juga:  Sumedang Belum Siap Bekerja Sama Kelola Sampah ke TPPAS Legok Nangka, Ini Alasannya

Menurut dia, TPA Sarimukti masuk penilaian penting dalan perhelatan itu. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan petugas kebersihan khusus di TPS Sarimukti untuk mengelola sampah. Sampah yang ada di Sarimukti diolah dengan cara dikubur.

Dia menambahkan, sebenarnya kontribusi sampah Bandung Barat ke TPA ini masih lebih sedikir jika dibandingkan kiriman dari Kota Bandung dan Cimahi. Bandung Barat hanya membuang sebanyak 75 ton per hari. Sedangkan Kota Cimahi mengirim 120 ton per hari. Bahkan Kota Bandung mengirim 1.500 per hari.

Baca Juga:  Pengangkutan Sampah ke TPA Sarimukti Sempat Berhenti, Sampah TPS Pasar Ciwastra Menggunung

”Meski paling sedikit membuang sampah, namun kami tetap harus memperbaikinya, mengingat TPA Sarimukti berada di wilayah Bandung Barat,” ujar dia.

Untuk diketahui, Piala Adipura merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota yang berhasil mewujudkan kota yang bersih terbebas dari sampah. Untuk tahun ini, penganugerahan Piala Adipra akan digelar bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-70. (mg5/fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga