Wadah Efektif Revolusi Mental

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat untuk masa kepengurusan 2015 hingga 2020 kembali diemban oleh Dede Yusuf. Atas amanah tersebut, Dede bertekad untuk menjadi Kwarda tergiat pertama tingkat nasional. Salah satu program andalannya adalah meluncurkan program tabungan Pramuka bekerjasama dengan Bank Jabar-Banten (bank bjb).

Pramuka Kwarcab Jabar - Fajri Achmad NF - 06082015 4 - bandung ekspres
FAJRI ACHMAD N.F/BANDUNG EKSPRES
LANTIK: Gubernur Jabar Ahmad Heryawan melantik Dede Yusuf menjadi Ketua Kwartir Daerah
masa kepengurusan 2015-2020.

Dede menyatakan, wadah yang paling efektif dalam revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo adalah Pramuka. ”Kalau pak Presiden sekarang bicara revolusi mental, wadah yang paling efektif dipakai adalah Pramuka. Karena Pramuka dari Sabang sampai Merauke,” ucap Dede usai Pelantikan Pengurus Mabida dan Kwarda Pramuka Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, kemarin (6/8).

Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan, usia didik pramuka yang ada sekarang mencapai 70 persen dan rata–rata berusia 17 tahun ke bawah. Bahkan, di tingkat Pandega masih mahasiswa.

Dirinya menjelaskan, pihaknya meminta kepada pemerintah supaya pramuka tetap bisa dijadikan kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah – sekolah. ”Walaupun kurikulum 2013 ditunda, tetapi pramuka tetap dimasukkan dalam ekstrakurikuler. Nah, makanya mengenai anak–anak sekarang yang lebih mengenal dunia maya bisa diperkuat juga untuk ke sana (pramuka),” jelasnya.

Di tempat sama, Ketua Majelis Pembimbing Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Ahmad Heryawan menargetkan menjadi tergiat nomor satu nasional pada tahun 2018 mendatang. Namun, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mencapai target itu.

MABIDA
ISTIMEWA

TERBAIK: Ketua MABIDA Ahmad Heryawan (kedua dari kiri)
bersama Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault (kedua dari kanan).

Penduduk Jabar yang mencapai 46,03 juta jiwa dan menjadi terbesar secara nasional. Serta didukung adanya kampus-kampus berskala nasional, seperti UIN, Unpad, IPB, dan ITB. ”Jadi wajar jika kita mencita–citakan untuk menjadi Kwarda tergiat nomor satu di Indonesia. Mabidanya juga harus jadi nomor satu,” ucap dia.

Menurut Heryawan, untuk mencapai target tersebut diperlukan invetarisir terkait potensi yang dimiliki Jabar dengan syarat-syarat untuk bisa menjadi yang terbaik. Aher pun mengaku sangat mendukung gerakan pramuka sesuai dengan upaya membangun karakter bangsa.

Tinggalkan Balasan