Dari Gagal Panen Hingga Rugi Puluhan Juta

Para petani berharap pemerintah bisa memberikan bantuan bagi petani holtikultura, berupa apapun bentuknya atau memberi solusi lain agar petani holtikultura tidak menderita kerugian yang terus menerus.

”Perhatian pemerintah terhadap petani holtikultura sangat kurang, padahal petani di pegunungan seperti kami tidak bisa menanam padi seperti halnya di daerah bawah, kalau tidak bercocok tanam sayuran kami tidak akan makan. Tapi perhatian pemerintah selalu dilakuakn terhadap petani padi,” kata Asep.

Kepala Bidang Holtikultura di Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka Nana Supriana mengatakan, tanaman tomat dan sayuran lainnya tidak masuk pada tanaman unggulan serta program Pemerintah Pusat, sehingga tidak mendapat perhatian pemerintah. Terkecuali untuk petani jagung atau bawang merah.

”Kalau untuk petani jagung dan bawang merah banyak bantuan sarana produksi tani seperti pupuk, bibit dan obat-obatan, bahkan hingga gudang penimpanan, karena kedua komoditas tersebut adalah komoditas unggulan. Sementara untuk tanaman holti lainnya meski rugi besar tidak akan mendapat perhatian seperti halnya terhadap petani jagung atau bawang merah.” paparnya. (pro/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan