29 Kecamatan Nunggak Pembayaran Raskin

”Tunggakan itu banyak juga akibat serapan yang minim, seperti yang terjadi diwilayah Cianjur selatan. Saat terjadi musim panen, mereka tidak mengambil pagu raskinnya. Demikian juga saat menjelang lebaran pada bulan Juli, raskin tidak diambil ada kekawatiran dipakai untuk fitrah. Ini menjadi jumlah tunggakan menjadi besar,” paparnya.

Pihaknya tidak memungkiri, diantara tunggakan itu ada juga akibat keterlambatan pembayaran. ”Ya, masih ada uang pembayarannya belum sisetorkan, padahal raskinnya sudah diambil. Ini juga sangat mempengaruhi besaranya tunggakan,” tegasnya.

 Untuk itulah pihaknya minggu-minggu ini akan segera melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke lapangan untuk mengetahui secara pasti kendala yang terjadi sehingga tunggakan pagu raskin masih tinggi. Sehingga jika sudah diketahui secara pasti bisa diambil langkah-langkah penanganannya.

”Minggu-minggu ini kita akan lakukan monev dilapangan. Kita harapkan setelah monev nanti tunggakan pagu raskin itu bisa berkurang. Yang belum mengambil raskin, bisa segera diambil dan dilakukan pembayaran tepat waktu,” harapnya. (pro/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan