Perputaran Uang Capai Miliaran

LEMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung mencatat, tingkat perputaran uang di sektor pariwisata, khususnya Lembang dan sekitarnya, ditaksir mencapai Rp 3 miliar lebih selama libur Lebaran hingga kemarin (2/8). Sementara jumlah wisatawan yang menghabiskan liburannya di Kabupaten Bandung Barat lebih dari 2,5 juta orang. Hal ini menjadi salah satu prestasi baik untuk berkontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung Barat Wawan Herawan menyatakan, pada saat libur Lebaran lalu, para wisatawan banyak yang memanfaatkan untuk menikmati berbagai macam wisata yang disajikan. Bahkan, pasca Lebaran hingga saat ini, sejumlah wisata di Kabupaten Bandung Barat masih ramai dikunjungi.

Puncak kepadatan wisatawan terjadi pada hari ke dua Idulfitri. ”Perkiraan sementara jumlah wisatawan yang mengisi liburan di Kabupaten Bandung Barat sekitar 2,5 juta orang. Setiap orangnya bisa membelanjakan uangnya ratusan ribu rupiah. Kalau diistilahkan pergi ke tempat wisata pada libur Idul fitri kurang pas jika tidak banyak keluar uang,” katanya.

Menurut dia, obyek wisata Maribaya yang mulai dibuka kembali menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Lembang. Pasalnya sudah dua kali Idul fitri, Maribaya tutup karena masih dalam proses revitalisasi. ”Pada hari kedua lebaran untuk pertama kalinya di buka untuk umum. Meski masih dalam tahap uji coba tapi pengunjungnya luar biasa, selama musim libur kemarin mampu menyedot sekitar ribuan pengunjung,” ujarnya.

Menurutnya, jutaan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat mampu menggerakan roda kehidupan perekonomian masyarakat. Tidak hanya memberikan keuntungan bagi pengelola wisata, pemilik rumah makan, tapi juga masyarakat yang secara dadakan menjadi pedagang asongan. ”Tukang parkir juga ketiban rezeki. Hanya memang membanjirnya wisawatan ke Lembang melumpuhkan lalu lintas,” imbuhnya.

Secara terpisah, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bandung Barat A Fauzan mengatakan, total kendaraan yang masuk ke Lembang selama libur Lebaran lebih dari 300 ribu unit. ”Karena pada libur Lebaran dan juga Sabtu-Minggu wilayah Lembang menjadi salah satu tempat yang selalu dikunjungi wisatawan. Dan itu kebanyakan dari luar Bandung,” ujar Fauzan. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan