Iiih, Jijik! Sampah Menumpuk di Bahu Jalan

Sudah Beberapa Bulan Tidak Diangkut
CIKANCUNG – Warga dan para pengguna jalan  mengeluhan tumpukan sampah yang memenuhi sebagian jalan raya Cikancung-Cicalengka di wilayah Desa Cikancung, Kecamatan Cikancung. Sampah tersebut sudah sejak beberapa bulan yang lalu tidak diangkut. Akibatnya, ketinggian sampah mencapai 50 centimeter sampai dengan satu meter.
Warga mengeluh karena tumpukan sampah itu mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Jika turun hujan, sebagian tumpukan sampah terbawa aliran ke jalan dan persawahan milik warga.
”Tumpukan sampah tersebut beraneka ragam, mulai dari sampah rumah tangga serta sampah yang berasal dari rongsokan, berupa pecahan beling dan rongsokan lainya,” keluh Suherman, 50, warga Cikancung belum lama ini.
Menurutnya, tumpukan sampah tersebut jelas sangat mengganggu warga berdekatan dengan lokasi sampah tersebut. Bau yang sangat menyengat jelas mengganggu kesehatan yakni pernapasan warga sekitar.
”Saya minta pemerintah setempat, yakni desa dan kecamatan, untuk segera menanggulangi persoalan yang terjadi di lapangan dengan melakukan pengerukan sampah. Pasalnya, jika dibiarkan berlarut-larut, akan banyak warga yang akan terjangkit penyakit akibat tumpukan sampah tersebut, seperti halnya gatal-gatal dan pernapasan. Apa lagi tumpukan sampah ini memakan bahu jalan,” jelasnya.
Hal senada disampaikan warga lainnya, Maman, 41. Kata dia, tumpukan sampah  itu merupakan pembuangan dari luar daerah. Banyak orang membuang sampah tersebut saat melintas pada malam hari. ”Kebanyakan warga membuang sampah pada malam hari, pasalnya di lokasi sampah tersebut selain minim penerangan, juga tempatnya yang sunyi. Hal tersebut, dimanfaatkan warga untuk membuang sampah,” jelasnya.
Pengguna jalan seenaknya membuang sampah. Bahkan ada beberapa orang membuang sampah dengan menggunakan mobil atau beca. ”Saya tidak bisa berbuat banyak dengan menindak pelaku pembuang sampah tersebut, pasalnya akan menjadi keributan. Dari pada ribut, mendingan dibiarin saja. Pernah ditegur, alhasil mengalami keributan dengan pelaku,” keluhnya.
Dia berharap jalan raya bisa bebas dari tumpukan sampah. Pemerintah harus membuat bak sampah maupun menyimpan bak truk sampah. Hal tersebut guna mengurai tumpakan sampah biar tidak berserakan.
”Guna mengurangi tumpukan sampah, alangkah baiknya dilakukan pengerukan secara berkala. Hal tersebut guna mengurangi tumpukan sampah yang terjadi,” harapnya. (gun/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan