oleh

Menangkap Peluang Usaha di Sekitar Rumah

BAGI seorang yang ingin menjadi pengusaha, sangat penting memiliki sensitivitas dalam memunculkan ide membuat bisnis. Entah itu berasal dari hasil perencanaan melalui sebuah pembelajaran di kampus atau kelas binis, atau bisa jadi muncul spontanitas saat melihat sekitar tempat tinggal kita.

Dr Zaenal Aripin
Dr Zaenal Aripin

Saat ini, yang ingin saya bahas yaitu bagaimana seorang pengusaha pemula memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi potensi bisnis. Bagi start up, memulai bisnis memang lebih baik dari hal yang sederhana. Hal ini berkaitan dengan risiko yang mungkin ditimbulkan dari usahanya itu. Karena antara keuntungan dan risiko dan usaha itu berbanding lurus. Semakin besar usaha, maka semakin besar pula risiko yang mungkin timbul.

Nah, bagi pemula memang alangkah lebih baik jika mencoba dari yang kecil dulu. Sambil jalan sambil belajar sehingga ketika usahanya semakin berkembang, maka pengalaman dan kemampuan pengusaha sudah terasah.

Contoh sederhana dalam memanfaatkan peluang sekitar adalah dengan mengalalisis kebutuhan penduduk sekitar. Misalnya, tidak semua tetangga kita memiliki kendaraan. Maka, kita bisa membuka usaha jasa antar jemput atau pengiriman barang.

Memang usaha ini seperti tukang ojek. Namun, kita bisa membuatnya dengan sistem. Kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi handphone atau smartphone. Jika sekarang ada bisnis layanan antar jemput di aplikasi smartphone, kita juga bisa membuatnya seperti itu.

Contoh lainnya, membuka tempat penitipan anak. Di sekitar rumah bisa jadi ada ibu rumah tangga yang bekerja dan tidak memiliki asisten rumah tangga. Biasanya, mereka itu mencari tempat penitipan dan pengasuhan anak.

Kita bisa menyediakan permainan anak-anak sebagai daya tariknya. Bahkan, bisa menggunakan mainan anak yang sudah tak terpakai. Biasanya, orang tua akan percaya kepada tetangga dekat daripada menitipkan anaknya ke lembaga yang jauh dengan tempat tinggalnya. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga