Cimahi Kesulitan Air Bersih

[tie_list type=”minus”]Ajak Warga Salat Istisqa[/tie_list]

CIMAHI – Pemkot Cimahi turun tangan membantu memperkecil dampak kemarau dengan memberikan bantuan air bersih. Hal ini dilakukan untuk memperkecil kekeringan di sejumlah wilayah di Cimahi.

krisis-Air-Bersih
ILUSTASI/ISTIMEWAKRISIS AIR: Sejumlah warga tampak antre mengambil air yang disalurkan oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) beberapa waktu lalu.

Kekeringan yang melanda Cimahi memang tidak seberapa di banding daerah lain di Jawa Barat. Hanya saja, Cimahi saat ini hanya bisa mengandalkan air tanah karena tidak memiliki sumber air baku.

Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, untuk mengantisipasi kebutuhan air tanah, pihaknya menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat. Beberapa daerah yang memperoleh bantuan tersebut di antaranya Kelurahan Cimahi, Pasirkaliki, Cibeber dan Leuwigajah.

”Bantuan air bersih diberikan kepada wilayah yang mengalami kekurangan air bersih yang telah melaporkan kepada DKP melalui kelurahan masing-masing,” kata Atty kemarin (29/7).

Dia mengatakan, bantuan air bersih tersebut diberikan secara berkala dalam jangka waktu tertentu selama terjadi kekeringan. Distribusi bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali dengan kapasitas lima ribu liter (satu tangki).

Menurut Atty, mobilitas bantuan air tersebut juga tidak hanya dilakukan pada daerah itu saja. Namun, jika ada laporan kekeringan baru di wilayah lain, dia juga telah menginstruksikan untuk segera dibantu. ”Ketua RW setempat dapat mengajukan permohonan bantuan air bersih ke DKP melalui kelurahan masing-masing. Untuk memudahkan koordinasi dalam hal penentuan waktu dan titik distribusi air bersih,” paparnya.

Di bagian lain, Atty juga meminta partisipasi masyarakat untuk melakukan upaya berdoa dengan mendirikan salat Istisqa. Rencananya, Istisqa tersebut akan dilaksanakan Jumat (31/7) di Masjid Agung Kota Cimahi.

”Kita berkerjasama dengan Majellis Ulama Indonesia (MUI) dan DKM Masjid Agung Kota Cimahi akan melaksanakan salat Istisqa. Insya Allah dilaksanakan usai salat Jumat,” jelasnya

Tidak hanya mengajak masyarakat, tapi Atty juga sudah memerintah seluruh PNS di di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi untuk melaksanakan Istisqa bersama masyarakat Kota Cimahi. ”Semua harus ikut,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan