Pengembangan Situ Ciburuy Terkendala Kepemilikan Aset

[tie_list type=”minus”]’Sepi’ Investor[/tie_list]

NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat mengaku kesulitan untuk mendapatkan investor dalam membenahi Situ Ciburuy yang berlokasi di Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Padahal, Situ Ciburuy memiliki potensi besar untuk menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) setiap tahunnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) KBB Wawan Herawan menyatakan, pihaknya saat ini terus mencari investor yang ingin membenahi Situ Ciburuy. Diakuinya, pada tahun 2012 lalu, ada investor yang maju untuk membenahi Situ Ciburuy. ”Sempat ada yang maju salah satu investor dari Kota Bandung. Tapi, tanpa ada alasan yang jelas tiba-tiba mundur,” kata Wawan kepada wartawan kemarin (27/7).

Ia menjelaskan, salah satu faktor yang menjadi pertimbangan investor, terkait aset Situ Ciburuy yang belum jelas. Situ Ciburuy disebutkan memiliki luas sebanyak 40 hektare, namun ketika dilihat di lapangan kurang dari 40 hektare. ”Informasinya aset Situ Ciburuy milik provinsi, ada juga pihak lain. Padahal, kalau asetnya dilimpahkan kepada pemda akan lebih mudah dikelolanya serta mudah meyakinkan para investor,” ujarnya.

Disinggung berapa nilai PAD yang masuk ke kantor pemda setiap tahunnya, Wawan menyebutkan, nilai PAD mencapai Rp 28 juta per tahun. ”Sangat kecil bila dihitung untuk satu tahun. Padahal, kalau dibenahi layaknya seperti Floating Market dapat menghasilkan PAD yang jauh lebih besar,” bebernya.

Lebih jauh Wawan menjelaskan, salah satu PAD yang memiliki nilai besar berasal dari beberapa wisata alam. Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong agar lokasi wisata di Kabupaten Bandung Barat terus berkembang dan menghasilkan nilai PAD. ”Salah satunya wisata Situ Ciburuy yang bisa menghasilkan PAD yang besar,” terangnya.

Salah seorang warga Padalarang, Kurniawan Sodik, 35, mengatakan, pemerintah harus lebih maksimal dalam mencari investor agar pembenahan Situ Ciburuy dapat dilakukan lebih cepat. ”Saya sebagai warga asli Padalarang memiliki keinginan besar, agar Situ Ciburuy lebih maju dan berkembang,” terangnya.

Menurutnya, infrastruktur untuk menuju Situ Ciburuy, sebenarnya sudah mendukung. Dengan adanya gerbang Tol Padalarang memudahkan para pengunjung dari luar Kota Bandung yang akan mencoba wisata ke Situ Ciburuy. ”Kalau sudah dibenahi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, tentu bakal ramai dikunjungi,” tandasnya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan