PNS Boleh Masuk Siang

Sementara itu Mendikbud Anies juga membuat pidato sambutan khusus. Pidato ini diminta untuk dibacakan pemimpin upacara bendera perdana hari ini di seluruh sekolahan di Indonesia.

Kepada para siswa Anies berpesan supaya memperbaharui semangat belajar. Kemudian juga berpesan untuk belajar dengan sungguh-sungguh, tuntas dalam menyerap materi pelajaran, serta berlatih untuk memimpin dan dipimpin.

Sedangkan kepada para guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan lainnya, Anies menyeru bahwa siswa yang mengikuti upacara adalah amanah dari orangtua. Anies meminta kepada mereka untuk menjadi teladan penumbuhan budi pekerti. Anies mengatakan jajaran pengelola sekolah harus aktif menjalankan silaturahmi dengan orangtua siswa serta masyarakat di sekitar sekolah.

Menjelang tahun ajaran baru, orang tua maupun anak-anaknya sibuk mempersiapkan diri mencari perlengkapan sekolah. Seperti, seragam dan alat tulis. Hal ini terlihat di salah satu toko alat tulis PD Nitta di Jalan Kiaracondong No. 434, Kota Bandung, kemarin (26/7).

Eli, salah satu orang tua yang sedang berbelanja mengatakan, dirinya membeli perlengkapan sekolah anaknya sehari sebelum sekolah. Sebab, sering ada paket dan diskon khusus. ’’Saya baru sempat beli, kebetulan langganan juga di toko ini. Yang satu masih SMP, satunya lagi sudah SMA. Kalau seragam masih bisa pakai yang kemarin tapi udah beli jauh-jauh hari,” ungkapnya

Menurut pemilik toko, stok buku dan alat tulisnya sudah mulai ramai sejak Kamis lalu. Jika dibandingkan tahun lalu, pembeli kebutuhan alat tulis kini diperkirakan mengalami peningkatan meski tidak terlalu tinggi. ’’Pas bulan puasa malah sepi pembeli, trus abis mudik ini baru pada ramai. Hari ini adalah puncak pembelian soalnya besok udah mulai masuk sekolah,” ungkap pemilik toko, Nitta. Barang yang paling banyak dibeli di antaranya, buku, pulpen, pensil, penghapus, pensil warna, tempat pensil, dan sampul buku.

Pedagang seragam sekolah juga kebanjiran order. Seperti yang terlihat di Pasar Sederhana Bandung, yang menjual beraneka ragam seragam sekolah. ’’Biasanya kita jual baju seragam anak baru masuk SD dengan harga Rp 60 ribu, SMP Rp 90 ribu, dan SMA Rp 100 ribu tiap satu stelnya,” ujar Erna, salah satu pedagang seragam kemarin kemarin (26/7).

Tinggalkan Balasan