Kehadiran PNS 90 Persen

[tie_list type=”minus”]Hanya Segelintir yang Ambil Cuti Tambahan[/tie_list]

BATUNUNGGAL – Tingkat kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Bandung yang masuk pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran kemarin (22/7) mencapai 90 persen. Data itu didasarkan pada inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota (kota) Bandung, Jalan Cianjur.

Ridwan Kamil bersama sang istri, Atalia Kamil, menyambangi kantor DBMP, Distarcip, Disyanjak, BPPT, Diskar dan Disdukcapil. Adapun PNS yang tidak masuk kerja, karena sudah mengambil jatah cuti tahunan untuk memperpanjang libur. Meski begitu, persentase kehadiran PNS sudah mencapai 90 persen. Bahkan, Disdukcapil dan Disyanjak sudah kembali aktif melayani masyarakat.

’’Tingkat kehadiran sendiri kalau yang di Jalan Cianjur lagi direkap. Kita hampir 90 persen ya kalau lihat statistiknya. Kalau ada yang mengajukan cuti tambahan itu tercatat secara resmi,’’ jelas pria yang akrab disapa Emil ini di kantor Disdukcapil.

Emil mengakui, memang dari data yang dia terima, ada beberapa PNS yang tidak masuk kerja tanpa keterangan. Mengenai hal tersebut, Emil yang saat intu mengenakan iket dan pangsi hitam mengatakan, akan memberi sanksi administratif. Namun, dia juga mengapresiasi para petugas yang sudah bisa disiplin dan kembali bekerja.

’’Tapi kalau saya lihat dari jumlahnya (yang bolos) sangat-sangat minim. Jadi kalau saya apresiasi pelayanan sudah dimulai. Kalaupun ada (bolos) dikasih administrasi aja sesuai aturan, karena itu masalah disiplin,’’ ujar dia.

Dari hasil pantauan Bandung Ekspres, wali kota mendatangi komplek perkantoran di Jalan Cianjur pada pukul 08.15. Dia dan langsung melakukan apel pagi dan halal bihalal. Kemudian, bergerak memeriksa aktivitas di Disyanjak. Setelah itu, Emil ke kantor Diskar. Di sana, dia memberi motivasi kepada petugas pemadam kebakaran. Pasalnya, mereka tidak libur selama Lebaran.

’’Di Dinas Pemadam Kebakaran, saya kasih motivasi. Mereka nggak libur, karena Lebaran kemarin banyak kebakaran ya. Ada anggotanya juga yang kena musibah, kita berikan semangat karena mereka sudah memberikan pelayanan,’’ terang dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan