Jamin Pendidikan Anak Korban

[tie_list type=”minus”]Empat Personel Lanud Sulaiman Jadi Korban Hercules [/tie_list]

MARGAHAYU – Empat dari 141 korban meninggal karena kecelakaan pesawat Hercules C-130 di Medan, Selasa (30/6), adalah anggota Lanud Sulaiman. Mereka tengah menjalankan operasi untuk memperbaiki Ground Support Equiment (GSE) di lapang Lanud Tanjung Pinang.

Keempat anggota tersebut personel Satuan Pemeliharaan (Sathar) 71 Depo Pemeliharaan (Depohar) 70 Sulaiman, yang berlokasi di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung. Terdiri atas, Lettu Rahmat Shamdany, kepala Unit Sistem Bengban Sathar 71; Serka Kaliman, Serka Sutrisno, dan Sertu Aang Subarya.

Danlanud Sulaiman Kolonel Pnb Olot Dwi Cahyono mengatakan, atas nama warga dan kesatuan mengucapkan belasungkawa atas musibah yang terjadi di Medan, dan menimpa empat personel Lanud Sulaiman.

Menurut dia, keberangkatan empat anggotanya dalam tugas bantuan pemeliharaan lapangan. Tapi ternyata nasib berkata lain. Keberangkatan itu menjadi tugas terakhir keempat anggotanya.

Di kawasan Lanud Sulaiman ada dua rumah duka yaitu keluarga Serka Kaliman dan Serka Sutrisno. Sedangkan dua rumah duka lainnya ada di kawasan Lanud Husein Sastranegara dan Cimindi Bandung.

Olot menjelaskan, pemulangan jenazah dari Medan akan dilakukan secepatnya. Namun, pihaknya belum mengetahui kepastian waktunya. Sebab, dari Medan keempat jenazah akan dibawa terlebih dahulu ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. ’’Secepatnya untuk pemulangan jenazah. Tergantung kondisi di sana (Medan). Kami juga belum tahu kondisi di sana. Mudah-mudahan secepatnya ada kepastian,’’ ujar dia kemarin (1/7).

Selain itu, kata Olot, setiap kali ada kecelakaan seperti yang terjadi di Medan, dari dinas sudah ada santunan. Baik bentuknya pembayaran klaim asuransi maupun bantuan lainnya untuk keluarga yang ditinggalkan. Termasuk untuk pendidikan anak-anaknya. ’’Kalau sudah datang jenazah korban akan diserahkan ke militer. Lalu diserahkan ke keluarga. Dan dari keluarga di serahkan ke dinas untuk dimakamkan,’’ paparnya.

Keluarga Terima Jenazah Kaliman

Kloter pertama pengembalian jenazah korban kecelakaan Hercules kepada keluarga berlangsung tadi malam. 15 korban dari prajurit dan seorang korban sipil tiba di lapangan udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta menggunakan dua pesawat CN295 dan satu pesawat Boeing 737. Upacara penghormatan terhadap belasan korban tersebut dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan