Jara Pernah “Kerjai” Suarez

GONZALO Jara, rupanya, memang hobi memprovokasi pemain Uruguay. Selain mencolek bagian tengah pantat Edinson Cavani, bek timnas Cile itu juga pernah memprovokasi bomber Uruguay lainnya, Luis Suarez.

Luis Suarez
Luis Suarez

Itu dilakukan Jara dua tahun silam di kualifikasi Piala Dunia 2014. Media-media di Uruguay mengatakan bahwa Jara pernah meremas kemaluan Suarez. Suarez pun terpancing dan langsung menghajar Jara.

Entah ada hubungannya atau tidak, setelah Jara melakukan provokasi, Uruguay selalu tidak mampu memenangi pertandingan. Kalau kemarin Uruguay kalah 0-1, dua tahun lalu mereka menyerah dua gol tanpa balas.

Untungnya, berbeda dengan Cavani yang harus diusir keluar lapangan, Suarez tidak sampai mendapat hukuman kartu merah dari wasit Nestor Pitana (Argentina) yang memimpin laga tersebut. Suarez tetap bisa bermain sekalipun performanya sedikit menurun setelah emosinya dipancing Jara.

Sebagaimana diberitakan situs berita Independent, pelatih Uruguay Oscar Washington Tabarez menilai, wasit Sandri Ricci dari Brasil tidak jeli dalam mengambil keputusan. ”Di posisi ini, saya bisa menilai wasit tidak melihat kejadian itu. Tetapi, asisten wasit seharusnya bisa melihat karena dia berada dalam posisi yang tepat,” ujarnya.

Lebih lanjut, pelatih berusia 68 tahun itu menegaskan bahwa pemain andalannya itu tidak bersalah. Cavani hanya mengangkat bahu dan sikutnya, lalu mengenai bagian dada Jara. Nah, setelah itu, bek yang bermain di Ligue 1 bersama Mainz itu tiba-tiba terjatuh dan menutup wajahnya.

Padahal, tidak ada kontak antara Cavani dan Jara. ”Ya, kami tahu saat ini bermain di mana. Tindakan apa pun yang dilakukan pemain lawan, itu tidak akan berpengaruh dan tim tuan rumahlah yang dibenarkan. Tetapi, kalau tidak ada bukti di balik pengusiran ini, rasanya pahit bagi kami,” lanjutnya.

Wasit memang tidak menghukum Jara. Tetapi, dalam perkembangannya, Jara disebutkan tidak bisa dimainkan Cile dalam babak semifinal Senin pagi mendatang WIB (30/6). Itu diberitakan di NBC Sports. ”Jara dilarang tampil di sisa laga Copa America,” ungkap jurnalis Juan Arango. (ren/c4/bas/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan