Ramos Kena Kartu Tiap 2,8 Laga

KALAU Sergio Ramos benar-benar hengkang ke Manchester United, Gareth Barry dan Lee Cattermole harus siap-siap kehilangan “gelar.” Yakni, titel sebagai pemain yang paling sering kena kartu kuning di Premier League.

Sergio Ramos
Sergio Ramos

Barry, gelandang bertahan Everton, adalah pemain yang paling sering kena kartu kuning dari wasit. Totalnya mencapai 105 kartu kuning dalam 562 laga atau rata-rata satu kartu kuning per 5,3 pertandingan.

Sedangkan Cattermole, penggawa Sunderland yang juga berposisi sebagai defensive midfielder, merupakan pemain yang paling sering menerima kartu peringatan itu di Premier League musim lalu. Tampil dalam 28 pertandingan, Cattermole kena kartu kuning 14 kali.

Tapi, Ramos yang resmi ditawar United 32 juta pounds (Rp 671 miliar) itu bakal siap melewati semua rekor tersebut. Lihat saja catatan kedisiplinannya selama 10 tahun berkostum Real Madrid.

Musim lalu di La Liga, dia memang “hanya” 12 kali kena kartu kuning. Tapi, di semua ajang yang diikuti Real Madrid, bek 29 tahun itu menerima total 22 kartu kuning. Satu di antaranya dicatat bersama tim nasional Spanyol.

Itu pun masih terbilang mendingan. Sebab, untuk kali pertama sejak musim 2004-2005, pemain yang dibeli Los Blancos”julukan Real Madrid”dari Sevilla itu tidak terkena kartu merah.

Sepanjang karir, Ramos telah bermain dalam 622 pertandingan resmi atau kompetitif. Dan, dalam kurun waktu tersebut, dia terkena 188 kartu kuning dan diusir dari lapangan 19 kali.

Ke-19 kartu merah itu diterimanya saat membela Los Blancos di berbagai ajang, tujuh di antaranya adalah kartu merah langsung. Untuk kartu merah, khusus bersama musuh abadi Barcelona itu, Ramos mendapatkannya 157 kali atau rata-rata satu kartu kuning per 2,8 pertandingan.

Ramos tercatat pernah mencengkeram leher David Silva, menyikut Sergio Busquets, dan saling dorong dengan Carles Puyol dan Xavi. Semuanya pemain Barcelona sekaligus rekan-rekan setimnya di timnas Spanyol.

”Sergio Ramos akan menjadi perekrutan brilian. Tapi, manajer (Louis van Gaal) cukup mengkhawatirkan rekor kedisiplinannya,” kata sebuah sumber di United, seperti dikutip Manchester Evening News.

Dalam 10 musim terakhir, United rata-rata hanya menerima empat kartu merah per musim. Roy Keane merupakan pemain United yang paling sering kena kartu merah, 11 kali dalam 12,5 tahun membela klub berjuluk Setan Merah itu. Delapan di antaranya merupakan kartu merah langsung.

Tinggalkan Balasan