Rp 6 M untuk Sinabung

Show Farm bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara perusahaan, eksportir, toko pertanian dan petani. Memberi edukasi kepada petani bagaimana cara berbudidaya tanaman dengan baik secara langsung dan memperkenalkan beberapa varietas tanaman yang baru untuk adaptasi lokasi sebelum dilepas ke pasar.

Demikian dikatakan manejer Tanindo Show Farm, Ir Alam Sembiring didampingi RD Farm Berastagi Wilson P Silitonga, SP, Sadly Irawan, SP dan Premi Sembiring, SP. pada pertemuan dengan ribuan petani di lokasi Show Farm Jalan Udara Berastagi.

Lebih lanjut disampaikan, Selain itu, farm juga berfungsi untuk pengujian beberapa varietas baru untuk adaptasi lokasi sebelum dilepas ke pasar, sehingga varietas dijual sudah melalui proses adaptasi yang sesuai. Farm juga menempatkan staf agronomis untuk memberi pengetahuan cara bercocoktanam yang baik. Bagaimana tekhnik budi daya pertanian mulai dari pengolahan lahan, buat bedengan, pupuk dasar, mulsa, pupuk cor hingga pengendalian hama penyakit; termasuk pengendalian kena abu erupsi Sinabung.

Show farm yang secara rutinitas diadakan dua kali setahun ini bersifat edukasi dan penyuluhan. Selain memberi pemahaman, petani semakin mengerti pentingnya menjaga kualitas produk dengan pemakaian pestisida yang tidak berlebihan, selain itu kegiatan ini juga menjadi wadah pelatihan pendidikan pertanian secara tepat guna dan modern, serta sebagai tempat uji coba setiap varietas terbaru bibit beragam hortikultura. (mia/end/des)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan