Performa Honda Melorot

Dengan modal pengalaman yang lebih banyak, keduanya semestinya tampil labih baik dari tahun ke tahun. Namun yang terjadi justru kebalikannya.

Berbagai statistik, mulai dari torehan poin, hasil finis terbaik, sampai posisi akhir klasemen menunjukkan ketangguhan RC213 V meluntur. Meski jumlah kemenangan mereka bertambah dari 2013 ke 2014, data lainnya membuktikan motor Honda semakin susah dikendalikan.

Pda 2013 Bradl dan Bautista masing-masing hanya terjatuh dua kali. Sedangkan di musim lalu, Bradl jatuh lima kali dan hanya finis di 13 dari 18 seri.

Bautista lebih buruk. Mengalami tujuh kali crash dan hanya mampu menyelesaikan 11 balapan dalam semusim.

Fakta-fakta yang terpapar menunjukkan bahwa RC213 V mengalami kemerosotan performa secara perlahan tapi pasti selama 20 bulan terakhir, atau lebih lama. Penampilan Marquez yang super tangguh di musim lalu membuat semua pihak tersihir sekaligus meyakini bahwa motor Honda memang unbeatable. Media terus menampilkan Marquez yang berpesta champagne di atas podium, sementara Bradl dan Bautista menggelengkan kepada mereka di garasi.

Puncaknya terjadi ketika Yamaha dan Ducati justru menunjukkan grafik menanjak. Tampil amburadul di paruh pertama musim 2014, YZR-M1 dengan Jorge Lorenzo-nya bangkit dan mengejutkan banyak pihak.

Setali tiga uang dengan Ducati. Evolusi dari Desmosedici GP14 ke GP15 adalah sebuah kemajuan tak terbantahkan.

Honda sudah pasti berjuang mati-matian mengembalikan performa RC213 V sebagai motor tangguh. Namun mereka harus berjuang melawan waktu dan keterbatasan kesempatan uji coba. Terakhir di Catalunya, usaha mereka terganggu hujan sehingga level kekuatan mereka di Assen nanti masih dalam tanda tanya besar.

’’Kami tahu, sejak Kamis (25/6) di latihan bebas hari pertama, harus sudah 100 persen siap agar bisa terus melangkah maju sampai balapan Sabtu (27/6). Tahun lalu, kami merasakan sebuah getaran berbeda dan sekarang akhi ingin kembali bertarung di depan untuk memperebutkan juara sampai akhir musim,” tulis Marquez dib log-nya dikutip MotoGP.com. (cak/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan