Messi dan ‘Keanehan’ Argentina

Argentina akhirnya memang meraih kemenangan. Namun, Messi seolah-olah terisolir. Argentina pun tampil amat dominan, namun kesulitan untuk membongkar pertahanan Uruguay.

Tercatat, ‘Tim Tango’ punya 12 attempts dengan 7 di antaranya yang tepat sasaran. Namun, hanya 1 yang akhirnya berbuah menjadi gol dan itu pun bukan berasal dari Messi.

Gol Argentina ke gawang Uruguay pada laga pagi tadi sangat beraroma Manchester City: umpan silang dari Pablo Zabaleta disambut dengan diving header oleh Sergio Aguero. Khusus buat Aguero, itu adalah gol keduanya dalam dua laga terakhir di Copa America 2015.

Messi sendiri punya 3 percobaan untuk mencetak gol sepanjang laga, di mana 2 di antaranya mengarah tepat sasaran. Namun, dia urung mencetak gol.

Kurang meletupnya Argentina, terlepas dari bintang-bintang yang mereka miliki, pun menjadi kritik tersendiri untuk Martino. Taktik dan strateginya kini disorot.

Pada laga melawan Paraguay, Argentina panik ketika sang lawan mencetak gol pertama. Imbasnya, mereka dengan gigih terus menekan, namun kecolongan di lini belakang. Ketidakmampuan Argentina untuk membongkar pertahanan yang alot pun ikut jadi PR untuk Martino.

”Setelah gol pertama itu, kami mulai sering kehilangan bola,” ujar Mascherno menanggapi laga melawan Paraguay.

”Kami tak bisa seperti itu. Kami tak boleh mencari-cari alasan. Kami bermain-main dengan api dan akhirnya terbakar sendiri.” (dtk/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan