Tol Saroja Permudah Akses Menuju Arena PON

 GUBERNUR Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan keberadaan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Saroja) akan mempemudah akses menuju arena PON XIX Jawa Barat Tahun 2016 yang berada di kawasan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

”Insya Allah tahun ini mulai pembangunannya. Ditargetkan sebelum PON Jawa Barat, Tol Saroja ini sudah selesai. Jadi nanti bisa dipakai untuk mengakses arena PON karena ada yang disekitar Stadion Jalak Harupat Soreang. Kalau ini selesai akan mempermudah aksesnya,” kata Ahmad Heryawan, di Bandung.

Menurut dia, saat ini PT Jasa Sarana (BUMD milik Pemprov Jawa Baraat) telah berhasil menangkan tender pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Saroja) senilai Rp1,79 miliar.

”Jadi kemenangan Jasa Sarana dalam tender jalan tol yang memiliki panjang sekitar 11 kilometer ini membuktikan bahwa pembangunan jalan tol ini ada,” kata Aher.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Sarana Soko Sandi Buwono menambahkan pihaknya bersama konsorsium PT Wijaya Karya (Wika) dan PT CMNP memenangkan tender pembangunan jalan tol tersebut dan berhasil menyisihkan PT Jasa Marga, PT Waskita Toll Road, PT Perusahaan Perumahan dan PT Bangun Tjpta Sarana.

”Jadi tendernya sendiri kami menangkan untuk jalan tol sepanjang 11 kilometer dengan nilai tender sekitar Rp1,7 triliun lebih,” kata Soko.

Dikatakan dia, setelah menang tender tersebut maka pihaknya akan segera memulai pembangunan fisik karena tol ini ditarget selesai sebelum event Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat Tahun 2016 mendatang.

”Hal ini karena sejumlah venue PON ada di wilayah Soreang, Kabupaten Bandung. Sebelum PON pokoknya kami targetkan harus sudah selesai, tahun ini sudah kita mulai,” ujarnya.

Pihaknya optimistis percepatan bisa segera dilakukan karena saat ini posisi lahan sudah di atas 80 persen dan selain dukungan di lapangan dari pemerintah daerah menunjang bisa dimulainya pembangunan tol yang akan menghubungkan Kota Bandung-Kabupaten Bandung ini.

”Memang hanya satu ruas, namun bagi BUMD tender ini sangat berarti,” katanya.

Jalan Tol Soroja juga akan terhubung dengan ruas tol Padalarang-Cileunyi dan dari desain yang sudah ada, pintu ini akan memiliki tiga exit tol antara lain, Marga Asih, depan stadion Jalak Harupat, dan Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung. (ant/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan