Tujuan Utama Tetap Menjadi Juara

[tie_list type=”minus”] Kehebatan Lionel Messi yang Masih Ditunggu Publik Argentina[/tie_list]

BAGI para suporter Barcelona, Lionel Messi adalah dewa. Pujian itu terasa wajar mengingat sudah banyak gelar yang dipersembahkan Messi. Namun bagi publik Argentina, status dewa masih bisa diperdebatkan mengingat Messi belum memberikan kejayaan bagi Argentina.

Gelar yang pernah Messi persembahkan bagi Argentina hanyalaha Piala Dunia U-20 2005 dan medali emas Olimpiade Beijing 2008. Bagi publik Argentina, jelas gelar itu masih sangat minim dibandingkan nama besar Messi yang begitu diagungkan di tanah Eropa.

Jangankan Piala Dunia, untuk membawa Argentina memenangi Copa America saja Messi belum sanggup. Catatan terbaik Messi di ajang ini hanyalah runner up yang ditorehkan pada tahun 2007. Pada gelaran Copa America sebelumnya dimana Argentina menjadi tuan rumah, Argentina malah tersingkir di babak perempat final.

Untuk Copa America tahun ini, Messi datang dengan status pemain yang baru saja memenangi treble winners bersama Barcelona. Publik Argentina jelas berharap Messi bisa melanjutkan suksesnya bersama Argentina.

Argentina sendiri dihuni oleh banyak pemain bintang di Copa America tahun ini mulai dari Carlos Tevez, Javier Mascherano, Sergio Aguero, Angel Di Maria, hingga Pablo Zabaleta. Argentina selalu jadi favorit juara dalam tiap penyelenggaraan Copa America, namun titel terakhir mereka di ajang ini didapat pada tahun 1993. ’’Tujuan kami jelas menjadi juara untuk tahun ini,’’ kata Messi menegaskan.

’’Sebuah kebanggaan bahwa saya bisa bermain untuk tim nasional, mengenakan seragamnya dan menjadi kapten tim. Namun, titel juara akan barulah menjadi sebuah capaian besar,’’ imbuhnya.

Keyakinan bahwa Messi bisa membawa Argentina menjadi juara Copa America tahun ini juga datang dari pelatih Gerardo Martino. ’’Musim ini, Messi melakukan sesuatu hal yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Dia bermain begitu gembira,’’ ujar Martino.

Bagaimanapun tingginya tekad Messi dan betapapun besarnya kepercayaan Martino, pendukung Argentina baru akan benar-benar percaya hal itu jika trofi juara sudah benar-benar diangkat oleh Argentina.

Dan Messi, sebagai pemain terbaik di dunia saat ini, harus bisa menerima kenyataan bahwa tanggung jawabnya membawa Argentina jauh lebih besar dibandingkan pemain-pemain lainnya yang ada di timnya. (cnn/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan