Kereta Api Mulai Berbenah

[tie_list type=”minus”]Tingkatkan Pelayanan Jelang Ramadan dan Lebaran [/tie_list]

BANDUNG – PT KAI Daop II Bandung berjanji akan memaksimalkan pelayanan jelang Ramadan dan Lebaran. Hal tersebut sebagai respons atas tingginya antusiasme masyarakat memesan tiket jauh-jauh hari.

Pihaknya akan mengoptimalkan kereta api Argo Kota Bandung untuk mengantisipasi tingginya pemesan tiket Lebaran tahun ini. ’’Kami akan bekerja maksimal, semua yang ada di bengkel dipastikan siap beroperasi,’’ ungkap Humas PT KAI Daop II Bandung Zunerfin saat dihubungi Bandung Ekspres kemarin (3/6).

Saat ini, kata dia, tiket untuk arus mudik kelas ekonomi 100 persen sudah terjual. Apalagi untuk keberangkatan H-3 hingga H-1 Lebaran. PT KAI pun menambah kereta Argo sebanyak 15 gerbong, yang terdiri dari KA PSO dan tujuh KA komersial dan satu ekonomi non PSO. Karena, kata dia, pemesanan tiket pada Lebaran ini meningkat lebih dari 50 persen. ’’Cadangan tetap ada, untuk antisipasi apabila ada gangguan,’’ terangnya.

Dia mengatakan, masyarakat harus berlaku bijak saat melakukan pembelian tiket. Mengingat banyaknya peminat tiket yang telah pesan dari jauh-jauh hari. Zunerfin mengingatkan, pemesan harus cermat menghindari antrian, namun jangan juga terlena jika sudah membooking tiket. ’’Adanya kenaikan pemesanan ini membuat kami memperkuat infrastrukturnya. Kekuatan daya infrastruktur bandwidth juga ditingkatkan dari 120 menjadi 260 Mbp,’’ ucapnya.

Pemesanan tertinggi tiket Lebaran 2015 yaitu pada keberangkatan H-2 atau 16 April 2015 yang mencapai 65,7 persen. Dia juga memperkirakan jumlah penumpang kereta diperkirakan naik sekitar 3 persen. ’’Tahun lalu 5,5 juta penumpang, tahun ini bisa 5,7 juta penumpang,’’ terangnya.

Zunerfin menambahkan, PT KAI saat ini baru menjual tiket kereta reguler untuk angkutan Lebaran sepuluh hari sebelum dan sesudah Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 17-18 Juli 2015. ’’Itu hanya kereta reguler jarak sedang dan jauh, jumlah totalnya 88.676 seat yang dijual per hari,’’ katanya.

Menurut dia, jumlah kereta reguler saat ini naik 11 persen dibandingkan tahun lalu. ’’Kapasitas angkut kereta reguler jarak jauh dan sedang tahun lalu hanya 79.654 tempat duduk per hari. Karena tahun ini ada penambahan kereta baru seperti Jayabaya, Kamandaka, dan Malioboro Ekspress,’’ imbuh dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan