Undip Siapkan Kuota 30 Persen

SEMARANG – Universitas Diponegoro menyediakan kuota mahasiswa baru sebesar 30% melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015.

Calon Mahasiswa Undip- bandung ekspres
ISTIMEWASIMAK: Calon mahasiswa Universitas Diponegoro sedang mengikuti masa orientasi di kampus itu.

’’Kami siapkan kuota sebesar 30% untuk SBMPTN dari total daya tampung mahasiswa Undip sebanyak 7.160 mahasiswa strata satu (S-1),” kata Rektor Undip Prof Yos Johan Utama di Semarang, Jumat (22/5).

Dirinya menjelaskan Undip menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN, dan Ujian Mandiri atau jalur mandiri.

Dari SNMPTN, Undip sudah menjaring sebanyak 3.581 calon mahasiswa atau sebesar 50% dari total daya tampung mahasiswa perguruan tinggi negeri pada tahun ini.

Calon mahasiswa sebanyak itu, kata dia, tersebar pada 49 program studi S-1 yang ada di Undip.

’’Kalau untuk SNMPTN kami sediakan 50% kuotanya, SBMPTN kami siapkan 30%, sementara sisanya akan diambilkan dari jalur mandiri,” kata Guru Besar Fakultas Hukum Undip itu.

Untuk tahun ini, kata Yos, Undip tidak mengikuti penjaringan calon mahasiswa lewat Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri karena alasan teknis.

Berkaitan dengan SBMPTN, ia menjelaskan pendaftaran secara daring dimulai pada 12-29 Mei 2015, kemudian dilanjutkan ujian tertulis pada 9 Juni 2015 dan 10-11 Juni ujian keterampilan.

’’Pengumuman hasil SBMPTN dijadwalkan pada 11 Juli 2015,’’ tandas mantan Dekan Fakultas Hukum Undip itu.

Yos mengingatkan calon mahasiswa yang kurang mampu untuk tidak perlu khawatir, sebab pada jalur SBMPTN juga membuka peluang untuk pendaftar beasiswa Bidik Misi.

’’Kami berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa kurang mampu, salah satunya didukung beasiswa Bidik Misi,” tegasnya. (ant/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan