Sembako Siap Siap Naik

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo telah menyatakan bahwa inflasi Mei harus diwaspadai. Dia menguraikan berdasarkan survei BI, inflasi kemungkinan pada kisaran 0,4 persen secara month to month, sementara untuk year on year, diperkirakan mencapai 7,4 persen.

’’Di bulan Mei, minggu ketiga itu berdasarkan survei kita itu kira-kira (inflasi) 0,4 persen mom (month to month), yoy (year on year) bisa 7,4 persen, itu minggu ketiga. Ini perlu kita waspadai,’’ kata Agus.

Mantan Menkeu tersebut melanjutkan, prediksi inflasi tersebut berdasarkan harga volatile food yang mengalami peningkatan. Meski begitu, Agus meyakini, inflasi tetap bisa dikendalikan sebab pemerintah cukup concern dengan hal tersebut. Dia menguraikan, pada 27 Mei nanti akan digelar rapat koordinasi nasional (rakornas) yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

’’Ini rakornas tertinggi karena belum pernah dipimpin langsung oleh Bapak Presiden. Dan dengan adanya Presiden memimpin itu kementrian dan pimpinan daerah akan berkoordinasi. Kita merasa ini sangat strategis untuk mencapai inflasi seperti yang kita rencanakan yaitu 4 persen plus minus 1 persen dan niatnya nanti di 2018 kita bisa inflasinya 3,5 persen plus minus 1 persen. Ini momentumnya baik sekali,’’ paparnya. (gen/ken/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan