oleh

Van Gaal: De Gea Akan Rugi

MANCHESTER – Manajer Manchester United Louis van Gaal memperingatkan kiper andalannya asal Spanyol, David de Gea, akan kesulitan jika pindah ke Real Madrid. Van Gaal mengatakan hal itu menanggapi semakin kuatnya kabar De Gea akan pindah ke Madrid setelah membela MU saat bermain imbang 1-1 melawan Arsenal dalam Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu, 17 Mei 2015.

Banyak pihak yang memprediksi itulah penampilan terakhir De Gea buat MU pada akhir musim ini, 2014-2015. Sebab, ia akan segera menerima pinangan klub raksasa La Liga Spanyol dan juga karena sedang cedera hamstring (cedera otot kaki).

”Saya tidak berpikir bisa membujuk dia karena dia tahu semua yang dimilikinya selama di Manchester United,” kata Van Gaal, setelah melihat gol kemenangan MU yang dicetak gelandang asal Spanyol, Ander Herrera, pada menit ke-30 saat pertandingan 17 Mei 2015 itu akhirnya berhasil digagalkan Arsenal melalui aksi penyerang pengganti, Theo Walcott. Hal ini membuat bek muda MU, Tyler Blacket, melakukan gol bunuh diri pada menit-menit terakhir.

”Saya tidak punya sesuatu untuk disampaikan karena ia bisa merasakannya setiap hari. Anda sudah melihat dukungan suporter yang luar biasa. Jika ia pindah, ia akan kehilangan semua itu. Di sini, ia sudah banyak mendapat hal berharga. Keputusan ada padanya,” ujar Van Gaal.

Pada pertandingan melawan Arsenal di Old Trafford, Sabtu, 17 Mei 2015, itu, De Gea digantikan mantan kiper Barcelona, Victor Valdes, pada menit ke-74. Itu juga debut Valdes di MU. ”Dia dari Spanyol dan punya pacar dari Spanyol. Namun klub (MU) tidak akan mau melepaskannya dengan mudah,” tutur Van Gaal.

Kontrak kiper 24 tahun itu di MU akan habis pada musim panas 2016 dan ia belum menyetujui pembaruan kontraknya dengan tawaran gaji 150 ribu pound sterling atau sekitar Rp 3 miliar per pekan. Meski berusaha mempertahankan De Gea, Van Gaal mengakui hal itu adalah perbuatan yang sulit karena masalah transfer adalah masalah individu pemain.

”Saya menganalisis posisinya, kemudian saya bilang ia orang Spanyol, pemain internasional Spanyol, masih berada di belakang Iker Casillas (kiper dan pemain senior Real Madrid serta Spanyol). Sekarang ada sebuah klub Spanyol yang datang, pacarnya adalah orang Spanyol, ayah dan ibunya datang ke sini setiap pekan atau setiap dua pekan. Jadi sulit,” ucap Van Gaal.

Dalam debutnya di MU, Van Gaal banyak mendapat dukungan dari De Gea pada aksinya di lapangan untuk membawa mereka bisa kembali tampil dalam Liga Champions Eropa musim depan -meski dari babak kualifikasi- dengan menembus empat besar Liga Primer Inggris 2014-2015 ini. (tem/mio)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga