Pirelli Perkenalkan Ban Super Soft Jenis Baru

LONDON – Pemasok ban Formula 1 bakal memperkenalkan jenis ban baru pada seri Monaco akhir pekan ini. Ban dengan permukaan super lunak generasi anyar disiapkan untuk meladeni agresivitas pembalap setiap kali turun di sirkuit jalanan legendaris tersebut.

Ban itu menawarkan level cengkeraman tertinggi dan performa terbaik di antara alternatif pilihan yang ada. Ditambah lagi, untuk musim ini kekuatannya melawan panas diklaim lebih mumpuni.

’’Kami membawa ban super-soft terbaru, bersama ban soft untuk kali pertama musim ini sejak kami memulai era di Formula 1 pada 2011,” sebut Direktur Motorsport Pirelli Paul Hembery kepada Autosport.

Menurutnya, Monaco seringkali disebut-sebut sebagai sirkuit yang tidak memungkinkan terjadinya salip-menyalip di tengah balapan. Namun, dalam beberapa musim terakhir, strategi pergantian dan manajemen pengehematan ban seringkali berbuntut para perubahan posisi pebalap, termasuk terjadinya overtaking.

Dengan pilihan ban super lunak, balapan akhir pekan nanti akan sangat dipengaruhi oleh cara masing-masing pebalap memperlakukan si karet bundar itu. ’’Seperti biasanya, persiapan yang tepat dan pengumpulan data tentang ban selama sesi latihan akan menentukan potensi seorang pebalap pada saat kualifikasi dan balapan,” terusnya.

Kombinasi soft dan super-soft juga akan dipakai untuk dua race berikutnya, yakni di Kanada dan Austria. (cak/ham/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan