Kota Bandung Raih Merit Award of E-Blusukan

[tie_list type=”minus”]Bersinar di Ajang Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2015[/tie_list]

KOTA Bandung kembali menorehkan prestasinya di bidang informatika. Yakni, penghargaan Merit Award of E-Blusukan pada Indonesia Digital Society (IDSA) 2015 yang digelar oleh Jakarta Marketing Week 2015. Penghargaan diserahkan di Kota Casabllanca Mall, Jakarta, Rabu (6/5) malam lalu.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Aos W. A. Bintang dan disaksikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Merit Award of E-Blusukan ini untuk pertama kalinya diraih oleh Kota Bandung dalam Indonesia Digital Society 2015. Kota Bandung dinobatkan sebagai kota paling digital dalam memantau masyarakat dengan Bandung Command Center (BCC)-nya. BCC merupakan terobosan baru pemerintah Kota Bandung sebagai teknologi yang mampu memantau dan merespons masalah publik secara cepat. Terutama, dalam masalah lalu lintas dan emergency.

Kriteria Penilaian IDSA didasarkan pada empat aspek. Yaitu Initiative, Leadership, Usership, dan, Benefit. Penilaian tersebut dilakukan terhadap lima pihak. Yakni, Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Swasta terkait Sektor Pariwisata, dan Masyarakat.

Penilaian juga didasarkan pada pengukuran community impact atau dampak yang dirasakan oleh masyarakat setempat atas inisiatif digitalitasi kota dan kabupaten oleh pemeritah kota, melalui survei Computer Aided Telephone Interview (CATI) yang dilakukan terhadap empat pihak. Yaitu, lembaga pendidikan, lembaga pelayanan kesehatan, sektor terkait pariwisata, dan masyarakat di 110 daerah tingkat II. Survei ini juga melibatkan 11.250 responden.

’’Syukur alhamdulillah Kota Bandung meraih penghargaan ini. Semoga dengan Merit Award of E-Blusukan ini Pemerintah kota Bandung dapat lebih memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,’’ ujar Kadiskominfo Kota Bandung Aos W.A. Bintang.

Selain itu, menurut dia, dengan penghargaan itu juga diharapkan dapat menjadi dorongan kepada Kota Bandung sebagai Smart City terutama dalam pelayanan publiknya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berhalangan hadir untuk menerima penghargaan ini. Namun, dia menunjukkan rasa terima kasihnya di akun Instagram pribadinya @ridwankamil. ’’Bandung mendapat award untuk sistem Blusukan Digital dari IDSA 2015, yang bisa memonitor setiap menit permasalahan-permasalahan kota. Untuk direspons secepatnya oleh sistem dan tim lapangan pemkot. Mari bersemangat terus untuk berinovasi,’’ tulisnya.

Tinggalkan Balasan