Senior Bakal Raih Tiga Trofi, Junior Terancam Degradasi

Jika kalah lagi, ancaman degradasi semakin nyata. Nah, dengan kondisi itu, kualitas pembinaan dalam akademi sepak bola La Masia mulai dipertanyakan. Padahal, akademi ini sukses menelurkan pemain andalan. Sebut saja Lionel Messi, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez, Xavi Hernandez, Rafinha, dan Martin Montoya.

Itu diakui sendiri oleh Vinyals. Menurutnya, ada pergeseran filosofi permainan di La Masia. Jika sebelumnya La Masia selalu berafiliasi dengan permainan tiki-taka ala Barcelona yang mengutamakan penguasaan bola, ciri itu mulai hilang.

”Menurut pandangan saya, nilai dan kualitas dari pembinaan di La Masia saat ini terus mengalami penurunan. Saya melihat ada yang hilang dari diri pemain, terutama beberapa pemain yang merasa kualitas individu mereka lebih layak dihargai ketimbang permainan tim sendiri. Harusnya itu bisa dibenahi,” ujar Vinyals kepada Marca.

Entah ada hubungannya atau tidak dengan sedikit pergeseran gaya bermain tiki-taka yang ada di dalam tim senior sehingga tim junior pun ikut-ikutan berubah. Hanya, Vinyals sudah merasa terus melakukan pembenahan dalam setiap latihannya. ”Entah mengapa saya malah merasa seperti ada pembiaran di akademi (terkait dengan gaya individualis pemain, Red). Kami berharap semua itu bisa kembali,’’ lanjutnya.

Padahal, seperti yang sudah diketahui, Barcelona masih dalam sanksi larangan transfer FIFA. Sehingga, di dalam persiapan musim depan, Barcelona dilarang untuk menanda tangani kontrak dengan pemain mana pun. Otomatis Luis Enrique (pelatih Barcelona senior) hanya akan mengandalkan hasil binaan La Masia dan Barcelona B.

Itulah makanya pihak manajemen klub tetap tidak melepaskan ketiga pemain yang saat ini bergabung di tim utama. Seperti Sergi Samper, Munir dan Sandro. Sekalipun Barca nanti terdegradasi ke Segunda Division B, ketiga pemain tersebut tidak akan didepak dari tim.

Disebutkan di situs We Love Barca, ketiganya sudah memancing interest dari klub-klub Eropa. Kebanyakan dari Inggris. Sandro misalnya. Dia tengah dibidik Newcastle United. Menurut surat kabar Spanyol, Mundo Deportivo, Barca sudah menghubungi agen ketiga pemain tersebut agar mengamankan kliennya.

Tinggalkan Balasan