Ketua Persit Kodam 3 Siliwangi Prihatin

PANGALENGAN – Ketua Persit Candra Kirana Daerah Kodam Tiga Siliwangi Eulis Dedi Kusnadi, mengunjungi lokasi longsor dan tempat pengungsian para korban Senin (11/5).

tim relawan bencana longsor Cibitung
Yuli. S. Yulianti/ Soreang Ekspres

MASAK: Ketua Persit Candra Kirana Daerah Kodam Tiga Siliwangi Eulis Dedi Kusnadi, memantau dapur umum untuk tim relawan bencana longsor Cibitung.

Mendengar kabar terjadinya tanah longsor di Kampung Cibitung, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan pada Selasa (5/5) lalu yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia dan puluhan luka-luka, membuat para anggota Persit Candra Kirana ingin menunjukkan kepeduliannya.

’’Kami mengucapkan turut berbela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan dan untuk para korban semoga cepat diketemukan. Untuk para relawan dan wartawan yang ada di sini jaga kesehatan,’’ ujarnya kepada wartawan di lokasi pengungsian.

Setelah melihat lokasi longsor, Eulis merasa sangat prihatin. ’’Karena di atas sudah banyak yang ditanami dengan sayuran dan kekuatan kultur tanah juga sudah berubah. Jadi mudah-mudahan, untuk ke depannya ini menjadi pelajaran buat warga masyarakat khususnya yang ada di wilayah Pangalengan ini umumnya untuk wilayah Indonesia. Karena Ibu Ani (istri Mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyohno) sudah jauh-jauh hari sebelumnya mencanangkan tanam sejuta pohon. Mungkin sekarang kita harus mengaktifkan lagi untuk tanam pohon dan pelihara pohon,’’ terangnya.

Dia mengatakan, jika melihat kultur tanah yang sudah longsor tersebut akan cukup lama untuk mengembalikan kondisinya seperti semula. ’’Kita yang di bawah harus waspada. Setelah melihat ketenangan gunung dan longsornya sudah aman, mungkin kita bisa mencanangkan tanam pohon lagi,’’ tuturnya.

Eulis pun mengungkapkan, untuk jangka panjang pihaknya berjanji untuk memberikan penyuluhan untuk warga yang berada di sekitar lokasi longsor. ’’Tentunya entang akibat bencana longsor terjadi. Karena di sini mayoritas pegawai perkebunan,’’ paparnya. (yul/far)

Tinggalkan Balasan