oleh

17 Ribu Keluarga Tak dapat Raskin

[tie_list type=”minus”]Belum Tersentuh Program Pemerintah[/tie_list]

CIMAHI – Ribuan Keluarga Miskin di Kota Cimahi masih belum tersentuh program bantuan beras miskin (raskin) yang digulirkan pemerintah. Data di Bagian Administrasi Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cimahi menunjukkan, ada 17 ribu rumah tangga di Kota Cimahi yang belum mendapatkan bantuan. Sementara yang sudah mendapatkan bantuan raskin berjumlah 18 ribu keluarga miskin.

”Benar, saat ini masih ada 17 ribu keluarga miskin atau hampir miskin yang belum mendapatkan bantuan raskin, karena kuota yang ditetapkan pemerintah belum mencapai usulan yang kami sampaikan kepada pemerintah pusat,” kata Kabag Administrasi Ekonomi Tubagus Yandi usai rapat evaluasi kinerja eksekutif, yang digelar DPRD Kota Cimahi, Rabu (6/5).

Menurut Yandi, sesuai dengan data Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, di Kota Cimahi ada 35 ribu rumah tangga miskin dan hampir miskin, data itu menjadi acuan untuk mengusulkan bantuan raskin kepada pemerintah. ”Dengan alasan keterbatasan anggaran pemerintah, tidak seluruh RTS mendapatkan bantuan raskin, “ katanya.

Dikatakan Yandi, untuk mengatasi keluarga miskin yang belum terakomodir bantuan pemerintah, Pemkot Cimahi pernah merencanakan untuk melakukan pengadaan raskin melalui pihak ketiga dengan harga sesuai dengan pagu yang ditetapkan pemerintah. Namun setelah ditawarkan tidak ada perusahaan yang bersedia melaksanakan pengadaan sesuai standar harga yang ditetapkan pemerintah.

Pada 2014 lalu, Kota Cimahi berhasil meraih Raskin Award. Karena dianggap mampu menyalurkan dan pelunasan raskin Kota Cimahi dilakukan tepat waktu. Program Raskin adalah salah satu program pemerintah yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat miskin. (mgc1/asp)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga