Herrera Layak Menuju La Roja

PERFORMANYA yang terus impresif bersama Manchester United musim ini selayaknya mendapat apresiasi. Bukan hanya sekedar kenaikan gaji atau market value-nya, terpenting adalah diberi kesempatan untuk membela timnas Spanyol. Kesempatan itu harusnya bisa didapat Ander Herrera tahun ini.

Selama membela Setan Merah musim ini, Herrera yang didatangkan dari Athletic Bilbao pada awal musim dengan transfer fee 31,68 juta Pounds, atau jika dikurskan ke Rupiah menjadi Rp 622,1 miliar (1 Pounds = Rp 19637) dipercaya bermain 21 kali dari 33 laga Premier League. Tujuh di antaranya sebagai pengganti.

Kontribusinya bisa dilihat dari produktivitas gol Herrera yang persentasenya mencapai 8,4 persen. Dia mencetak lima dari 59 gol skuat asuhan Louis van Gaal sepanjang Premier League musim ini. Jumlah itu belum termasuk dua golnya selama membela United di Piala FA.

Selain itu, catatan bagus Herrera tersebut masih ditambah empat kali assists-nya, yang menempatkan dia di dalam top three jagoan assists United bersama Angel Di Maria dan Wayne Rooney. Di Maria mengukir 10 kali assists, sedangkan Rooney separo dari total assists Di Maria itu.

Nyatanya, dengan rentetan statistic bagus itu, belum pernah sekalipun Herrera dipanggil Vicente Del Bosque memperkuat tim La Furia Roja— julukan timnas Spanyol. Pada saat timnas Spanyol menjalani laga kualifikasi Euro 2016 kontra Ukraina (27/3) dan friendly match melawan Belanda tiga hari kemudian, lagi-lagi dia tidak dipanggil.

Sebaliknya, Del Bosque tetap memanggil gelandang-gelandang yang selama ini menjadi langganan skuat regular timnas Spanyol. Termasuk Xabi Alonso dan Xavi yang sudah memutuskan pensiun dari timnas, plus Andres Iniesta yang sudah mulai menua usianya dengan 30 tahun dan tren cedera Javi Martinez.

Sebulan lalu, Del Bosque menganggap peremajaan dalam skuadnya, termasuk dengan memasukkan Herrera dirasa belum perlu. ’’Langkah-langkah peremajaan telah dilakukan, tetapi saya pikir tidak perlu terburu-buru untuk meregenerasi tim ini,’’ klaim Del Bosque, dikutip dari Inside Spanish Football, 27 Maret lalu.

Daily Mail memberitakan, melihat sederet persoalan dalam skuad Del Bosque itu, maka kans Herrera harusnya datang pada Juni mendatang. Timnas Spanyol akan kembali turun dalam kualifikasi Euro 2016 menghadapi Belarus di Barysaw, 14 Juni. Plus, persahabatan menjamu Kosta Rika tiga hari sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan