185 Kamar Full Booked

[tie_list type=”minus”]Savoy Homann Hotel Pertama yang Sudah Penuh[/tie_list]

SALAH satu bangunan yang jadi saksi bisu sejarah pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) adalah Hotel Savoy Homann Bidakara. Pada perhelatan pertama KAA Tahun 1955, sejarah mencatat bahwa sejumlah kepala negara pernah menginap di hotel bintang empat ini. Di antaranya, Presiden RI Soekarno, Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dan Perdana Menteri China yang saat itu dijabat Zhou Enlai.

Savoy Homann Hotel
LUTHFI KHAIRUL/BANDUNG EKSPRESANTIK: Suasana di lorong Hotel Savoy Homann Bidakara jelang event KAA. Presiden Soekarno sempat menginap di sini.

”Kini kamar yang pernah ditempati para kepala negara tersebut menjadi ruangan heritage. Nehru menempati kamar nomor 144 di lantai 1, Soekarno di lantai 2 kamar nomor 244, dan Zhou Enlai di kamar 344,” ujar Public Relation Hotel Savoy Homann Bidakara, Ira Siska Utami kepada Bandung Ekspres belum lama ini.

Hotel yang berdiri tak jauh dari Gedung Merdeka ini juga memiliki beberapa peninggalan sejarah KAA lainnya. Seperti, memorabilia, Golden Book, dan foto yang dipasang di koridor hotel.

Golden Book dipasang di bagian depan hotel. Buku tersebut memuat tanda tangan dan komentar-komentar dari para tamu negara. Sementara memorabilia dipajang di dinding yang ditutup kaca berukuran sekitar 1,5×1 meter. Deretan foto-foto peninggalan sejarah juga masih bisa dilihat di hotel yang bernuansa art deco tersebut. Lebih dari 10 foto dipajang di lorong-lorong lantai satu.

Foto-foto tersebut kebanyakan menggambarkan suasana dan peristiwa yang terjadi pada KAA pertama tahun 1955. Seperti foto kebersamaan Soekarno dengan sejumlah kepala negara dan foto-foto luapan perhatian rakyat Bandung menyambut pembukaan KAA saat itu.

Dia menambahkan, jelang perayaan puncak KAA ke-60 kamar di Hotel Savoy Homann Bidakara sudah full booked. Dari 185 kamar yang tersedia, semuanya sudah di-booking. ’’Kami (Savoy Homann) hotel pertama yang telah penuh dipesan untuk KAA ke-60 di tahun 2015,’’ ujarnya.

Hotel Savoy Homann Bidakara memiliki fasilitas tiga kamar President Suite. Salah satunya ditempati oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Sedangkan, president suite lainnya akan ditempati oleh beberapa kepala negara dari Asia.

Tinggalkan Balasan