oleh

PT DAM Gelar Safety Riding

[tie_list type=”minus”]Ajari Jurnalis Berkendara dengan Baik[/tie_list]

PT DAYA Adicipta Mustika (DAM) main dealer dan suku cadang sepeda motor Honda di Jawa Barat mengadakan safety riding atau pelatihan keselamatan berkendara kepada jurnalis media cetak dan online. Para jurnalis mendapatkan empat sesi cara berkendara yang aman.

Sebelum melakukan praktik secara langsung di atas sepeda motor, jurnalis mendapatkan pengetahuan dasar yang harus dilakukan sebelum berkendara. ”Persiapan sebelum berkendara harus melakukan pengecekan awal, yang terdiri dari memastikan kondisi badan sehat secara fisik dan mental. Selain itu, perlu melakukan pemanasan ringan untuk mengembalikan refleks, lalu memeriksa kendaraan dan terakhir menggunakan peralatan berkendara yang memenuhi standar keselamatan berkendara,” ujar Safety Riding Instructor PT DAM, Aldea Henry kepada wartawan di Lapangan Secapa Angkatan Darat (AD) di kawasan Hegarmanah, Bandung, Senin (21/4).

Setelah sempat diberikan teori oleh para instruktur, satu per satu Safety riding dibagi dalam empat sesi. Pertama, ada pengereman untuk melatih teknik mengerem yang benar. Yakni dengan menggunakan empat jari dan menjaga jangan sampai ban mengunci. ”Fungsi ini untuk melatih refleks tangan, gas dan rem belakang serta feeling untuk melewati rintangan,” papar Aldea.

Kemudian sesi narrow plank, jurnalis diminta berjalan diatas papan selebar 30 centimeter, dan harus menempuh dalam waktu lama, bukan tercepat. Narrow plank sendiri berguna untuk melatih keseimbangan berkendara dan mengendalikan sepeda motor.

Sesi terakhir adalah sesi, slalom course yang merupakan penggabungan dari seluruh sesi. ”Mirip dengan gymkhana, tapi kita bicara dalam konteks safety riding. Jalurnya ada zig-zag, tikungan panjang, dan pengereman,” kata dia.

Di tempat sama, Sub Dep Head Promotion PT Daya Adicipta Mustika (DAM), Demmy Firmansyah menyatakan, pelatihan tersebut adalah bagian dari rangkaian persiapan kontes safety riding bagi jurnalis. ”Dengan kegiatan ini, para jurnalis diharapkan mendapat pengetahuan cara berkendara yang aman dan nyaman. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai bagian dari persiapan kontes safety riding untuk jurnalis yang akan digelar Mei 2015 nanti,” tambahnya.

Selain memberi pelatihan bagi jurnalis, PT DAM juga sering melakukan pelatihan serupa kepada mawaysarakat di Jawa Barat sejak 2003 lalu dengan menggandeng kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, dan instansi lainnya. (kha/fik)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga