Asia-Afrika Harus Clear

[tie_list type=”minus”]Alihkan dan Tutup Jalan Jelang KAA[/tie_list]

BANDUNG – Sejumlah jalan di Kota Bandung bakal ditutup H-1 jelang peringatan KAA, Kamis (23/4) pukul 06.00. Begitu juga arus lalu lintas yang melewati sekitar Gedung Merdeka sudah mulai ditutup. ’’Kendaraan dipastikan tidak bisa masuk melewati jalan tersebut pada Kamis nanti,’’ kata Kepala Bagian Oprasional (Kabag Ops) Polrestabes Bandung AKBP Dhafi kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, kemarin (20/4).

Tak hanya itu, ruang gerak jelang hari H memang dibatasi. Dia menjelaskan, penutupan jalur di antaranya mencakup Jalan Asia Afrika, Braga Pendek, Cikapundung Timur dan Cikapundung.        Akan tetapi untuk sekitaran Dalem Kaum, Jalan ABC, dan Jalan Naripan masih bisa dilalui. Hanya saja, tidak bisa masuk ke kawasan daerah Gedung Merdeka.

Pihaknya tidak menutupi kepada warga atau wisatawan yang ingin berwisata di sekitaran kawasan Gedung Merdeka. Dhafi memberikan kesempatan bagi beberapa warga pejalan kaki untuk berada di kawasan Gedung Merdeka hanya sampai pukul 00.00. Lewat dari waktu tersebut, kawasan Gedung Merdeka sudah tidak bisa dilalui lagi. ’’Penutupan total akan dilakukan pada 24 pukul 00.00. Selebihnya semua tidak bisa masuk kecuali ada izin dari Paspampres,’’ jelas Dhafi.

Perihal penglihan arus lalu lintas, Dhafi menjelaskan, dari arah Asia Afrika ke Tamblong akan dialihkan. Pihaknya mengatakan, pengalihan ini bersifat situasional. Apabila padat, akan ada pengalihan di sekitar Jalan Simpang Lima. Dhafi mengimbau kepada masyarakat yang akan melintas ke jalan tersebut sebagai lintasan, agar mencari jalur alternatif lain dan tidak melintas ke jalan yang ditutup tersebut.

Sementara itu, angkutan barang diimbau tidak melintasi pusat Kota Bandung jelang pelaksanaan puncak peringatan ke-60 KAA di Gedung Merdeka, 24 April mendatang. Hal ini dilakukan demi kelancaran acara.

Sementara itu, Kapendam III/Siliwangi Kolonel Arm Robertson Ismail mengatakan, untuk lebih jelasnya jalan yang akan ditutup di Kota Bandung adalah jalur-jalur protokol. Ruas jalan yang dikategorikan ke dalam ruas jalan ring 1 yang akan ditutup adalah Jalan Dr. Junjunan – Jalan Pasir Kaliki – Jalan Pajajaran – Jalan Wastukancana – Jalan Aceh – Jalan Merdeka – Jalan Lembong – Jalan Tamblong – Jalan Asia Afrika. Jalur tersebut sebaiknya dihindari, khususnya pada tanggal 23 serta 24 April 2015.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan