Asia-Afrika Harus Clear

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sudah mengirimkan rekomendasi masakan khas tradisional asal Jawa Barat untuk jamuan makan siang bagi para delegasi dan kepala negara.

’’Kita berkeinginan, untuk merekomendasikan agar makanan khas Jawa Barat seperti nasi liwet, mungkin kalau bisa karedok dapat disajikan dalam suasana internasional,’’ jelas Kepala Biro Humas Protokol dan Umum (HPU) Ruddy Gandakusumah, di Bandung, kemarin (20/4).

Menurut dia, rekomendasi untuk memasukan menu tradisional Jawa Barat dalam acara tersebut sudah disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepada panitia pusat KAA. ’’Waktu Pak Luhut Panjaitan ke sini untuk memantau, Pak Gubernur sudah menyampaikan agar ada makanan khas Jawa Barat di jamuan nanti,’’ ungkap dia.

Dalam jamuan makanan siang tersebut, kata Ruddy, Pemprov Jawa Barat hanya sebagai fasilitator. Yakni, yang memberikan fasilitas di rumah dinas Gubernur Jawa Barat. ’’Untuk penentuan menunya apa saja, chef-nya siapa itu semuanya diserahkan kepada panitia pusat di Jakarta,’’ kata Ruddy.

Terpisah, Public Relation The Trans Luxury Hotel Melody Siagian mengaku, pihaknya ditunjuk oleh panitia pusat untuk mempersiapkan ragam hidangan yang akan disajikan dalam peringatan KAA. Pihaknya juga mengaku sudah kroscek detil menu. ’’Tapi kami tidak bisa mem-publish-nya karena panitia pusat inginnya menu ini menjadi surprise,’’ kata dia.

Melody menjelaskan, The Trans Luxury Hotel hanya ditunjuk untuk mempersiapkan jamuan makan siang dalam acara KAA. Meski rahasia, dia memastikan menu yang akan dihidangkan merupakan menu khas nusantara. ’’Jadi ada lebih dari 30 menu yang kita siapkan mewakili seluruh provinsi di Indonesia,’’ jelas dia.

Jamuan makan siang ini dipersiapkan oleh F&B Manager serta Executive Sous Chef The Trans Luxury Hotel. Dia menegaskan, dalam menu yang disajikan terdapat menu khas Sunda. ’’ Yang bertanggung jawab untuk jamuan makan siang ini ada FB Manager kita, Pak Andre. Dan Exc.sous Chef kita Chef Eko yang memang ahli dalam hidangan nusantara,’’ kata Melody.

Terkait penyajian hidangan, Melody mengatakan, pihaknya akan menyajikan set menu untuk para tamu setingkat menteri dan pejabat. Sedangkan, untuk para delegasi, pihaknya menyiapkan menu dalam bentuk buffet. ’’Set menu mulai dari dessert hingga appetizer kita siapkan untuk para pejabat. Sedangkan, untuk delegasi konsepnya buffet dengan lebih dari 30 hidangan tadi,’’ terang dia. (fie/cr6/agp/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan