Anies Akui Soal Asli

Melalui email, pihak Google telah melaporkan penanganan yang sudah mereka lakukan. Yakni telah menghapus file atau dokumen bocoran soal ujian dalam akun Google Drive. Kemudian Google juga melaporkan telah menonaktifkan dan menutup permanen akses terhadap akun Google Drive tersebut secara global. Sehingga sudah tidak bisa diakses meskipun dibuka dari luar Indonesia.

Dari tautan unggahan dokumen naskah unas di Google Drive itu, Kemendikbud berhasil menelusuri hingga siapa yang menggunggah. Anies mengatakan akun email yang dipakai untuk mengunggah dokumen naskah unas ke Google Drive itu adalah milik karyawan Perum Percetakan Negara.

’’Tentang motivasinya untuk apa, saya tidak tahu. Biar polisi yang menelusurinya,’’ jelas Anies. Dia memastikan perusahaan ini akan di-blacklist untuk mengikuti tender naskah unas di tahun-tahun berikutnya. Sebab telah terjadi keteledoran menjaga kerahasiaan dokumen negara.

Dari penelusuran di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kemendikbud, Perum Percetakan Negara adalah pemain baru dalam tender percetakan dan pendistribusian naskah unas. Tahun ini Perum Percetakan Negara memenangi tender untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dengan nilai proyek mencapai Rp 2 miliar.

Anies menceritakan naskah unas yang di-upload di Google Drive itu adalah naskah master. Jadi bukan naskah hasil percetakan kemudian di-scan. Total ada 30 booklet atau paket yang diunggah di Google Drive. Ke-30 paket naskah yang diunggah itu meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Kimia, dan Biologi. Masing-masing mapel itu, memiliki variasi soal ujian sebanyak 5 variasi.

Menurut Anies kebocoran 30 paket naskah unas ini masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan total jumlah paket. Dia mengatakan total jumlah paket atau booklet unas mencapai 11.730 paket. ’’Jadi kalau yang bocor itu 30 paket, setara dengan 0,25 persen dari total paket yang ada,’’ tandasnya.

Terlepas dari kasus kebocoran soal ujian ini, Anies mengatakan Kemendikbud akan memeriksa pola jawaban siswa. tujuannya adalah untuk pengukuran indeks integritas atau kejujuran. Bisa jadi pengukuran indeks integritas di NAD akan mendapatkan perhatian khusus. Tujuannya untuk memastikan apakah bocoran naskah yang diunggah di Google Drive itu benar-benar dipakai siswa atau tidak.

Berita Terkait