Zakat PNS Dioptimalkan

 Jalin Kerjasama dengan Bazda Kota Cimahi

CIMAHI – Para Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Cimahi digugah lagi kesadarannya untuk melaksanakan Zakat Infaq dan Sodaqoh (ZIS). Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, jika dioptimalkan pengelolaannya, maka potensi zakat dari kalangan PNS bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Cimahi.

”Bentuk keseriusan kami dalam pengelolaan zakat di lingkungan PNS ini ditandai dengan Perjanjian Kerjasama dengan Badan Amil Zakat Infaq dan Sodakoh Kota Cimahi, ” jelas Atty, kemarin (30/3).

Atty menerangkan, kerjasama dilakukan dalam pengelolaan ZIS di lingkungan pegawai Pemkot Cimahi. Selain itu, menindaklanjuti pencanangan gebyar Cimahi Kota Sadar Zakat yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 muharram 1436 H lalu. ”Apa yang telah dicapai hendaknya dijadikan titik pijak oleh Baznas untuk melangkah ke depan meraih hasil yang lebih baik di masa yang akan datang,” katanya.

Pihaknya juga meminta, para pengurus Baznas terus melanjutkan upaya untuk lebih mensosialisasikan keberadaannya kepada masyarakat luas. Sekaligus, meningkatkan kesadaran umat Islam dalam menunaikan zakat, sebagaimana kesadaran dalam membayar pajak.

Pasalnya, Badan Amil zakat yang dibentuk baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah, merupakan institusi resmi untuk mengelola dana umat yang bersumber dari zakat, infaq dan shadaqah yang bersifat permanen.

Lanjut dia, badan ini pun diharapkan tidak sampai terlampaui oleh lembaga-lembaga yang di bentuk sesaat. ”Dalam hubungan inilah, maka zakat sebagai pelaksanaan ajaran Islam yang berkaitan dengan keberpihakan terhadap nasib kaum dhu’afa dan mustad’afin, harus dikelola dengan sistem yang baik dan profesional agar dapat memberikan kontribusi yang nyata di tengah kehidupan umat dan bangsa kita,” Harapnya

Sedangkan Ketua Bazda Kota Cimahi Abun Bunyamin mengatakan, setiap lembaga pengelola zakat termasuk Badan Amil Zakat Nasional Kota Cimahi, dituntut untuk terus meningkatkan peran lembaga, dan yang tidak kurang pentingnya adalah menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah dan masyarakat. Bahkan, lembaga ini pun mengupayakan agar kepercayaan itu lebih berkembang lagi di masa yang akan datang dengan meningkatkan profesionalisme lembaga.

Tinggalkan Balasan