oleh

Renovasi PJU Telan Rp 3,5 M

[dropcap]S[/dropcap]UMUR BANDUNG – Untuk mempercantik kawasan Asia Afrika dan beberapa ruas jalan lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelontorkan dana APBD hingga Rp 3,5 miliar. Dana itu rencananya akan digunakan untuk merenovasi penerangan jalan umum (PJU) dengan desain yang dekoratif. Hal ini dikatakan Kepala Bagian PJU Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Rosyidi Santono

Petugas memperbaiki PJU di kawasan Asia Afrika -bandungekspres
ISTIMEWA

JELANG KAA: Petugas memperbaiki PJU di kawasan Asia Afrika. PJU ini dibenahi untuk dibuat ukiran seperti batik.

Pembenahan PJU di komplek Gedung Merdeka, yang menjadi titik utama penyelenggaraan event internasional tersebut berlangsung. Dia mengatakan, pemasangan hampir semua sudah beres. Seperti, di sepanjang Jalan Braga dan Jalan Dalem Kaum. ’’Jadi memang ada yang belum dipasang lampunya ada juga yang sudah dipasang,’’ ujar dia kemarin (30/3).

Desain PJU itu akan menyerupai lekukan batik. Kemudian, ada dekorasi berbentuk macan pada tiang-tiang yang berderet rapi tersebut. Untuk jalan utama yaitu Asia-afrika, terdiri dari 55 tiang dengan menggunakan anggaran hingga Rp 1,7 miliar.

Kemudian, untuk Jalan Naripan dan Cikapundung Timur terdiri dari 32 tiang dengan total anggaran hingga Rp 800 juta. Sedangkan, untuk Jalan Braga, terdiri dari 109 tiang dengan total anggaran Rp 289 juta. PJU di Jalan Braga, kata dia, memang lebih murah. Sebab, menggunakan tiang tahun lalu yang belum dipakai. ’’Jadi dipasangin sekarang. Terlebih, trotoar belum beres. Angka itu (Braga) untuk biaya pemasangannya saja,’’ jelasnya.

Sementara itu, pemasangan PJU di daerah Jalan Dalem Kaum berjumlah 34 lampu dengan anggaran hingga Rp 730 juta. Rencananya, pemasangan PJU di berbagai ruas tersebut akan selesai dalam 10 hari ke depan. Terhitung sejak kemarin (30/3).

’’Dalem Kaum belum (pasang PJU). Mungkin kita akan tunggu minggu depan. Karena di Dalem Kaum nunggu pembetonan selesai,’’ terang dia. Adapun PJU dekoratif ini merupakan upaya pemkot mempercantik Kota Bandung jelang perhelatan KAA. (fie/bbs/tam)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga