Cetak Gol, Lalu Tersungkur

Timnas U-23 (5) v Timor Leste (0)

JAKARTA – Evan Dimas Darmono memang hanya mencetak satu gol ketika Timnas U-23 melumat Timor Leste dengan skor 5-0 (1-0) dalam pertandingan grup H Kualifikasi Piala AFC U-23 – 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tadi malam (27/3). Dia memang kalah kontributif dari Muchlis Hadi Ning yang menjaring satu gol, satu assist, dan satu pelanggaran yang berbuah penalti.

Namun, arek Suroboyo asli itu tetap menjadi pahlawan dalam kemenangan besar Garuda Muda -julukan Timnas U-23- dalam pertandingan perdana tersebut. Betapa tidak, permainan Indonesia mulai berkembang di babak kedua setelah Aji Santoso, pelatih Indonesia U-23, menginstruksikan Evan Dimas untuk bermain lebih ke depan.

Padahal, sebelum adanya perubahan formasi tersebut, Garuda Muda hanya bermain monoton dengan mencetak satu gol lewat Adam Alis pada menit ke-16. ”Melihat lawan yang bermain dengan posisi bertahan total seperti itu, saya langsung instruksikan Evan untuk bermain lebih maju. Hasilnya pun bagus, kami bisa mencetak empat gol tambahan,” puji Aji Santoso.

Meski begitu, Aji menambahkan bahwa kesuksesan Indonesia itu tidak hanya bergantung kepada mantan kapten Timnas U-19 itu semata. ”Evan memang bermain sangat bagus, mobilitasnya juga kencang. Tapi, keberhasilan ini berkat kerja keras semua pemain sepanjang pertandingan,” lanjut Evan.

Sayangnya, dua menit sebelum wasit Mohammed Abdulla asal Uni Emirate Arab meniup peluit akhir, Evan tersungkur dan harus ditandu keluar lapangan. Itu setelah pemain jebolan SSB Mitra Surabaya itu tidak mampu menahan sakit di bahu kirinya akibat benturan keras dengan bek Timor Leste Filipe Oliveira di menit ke-83.

”Evan memang sakit, kami belum bisa memutuskan dia bisa bertanding di laga berikutnya atau tidak,” ujar Aji. ”Kami masih menunggu keterangan lebih lanjut dari pihak dokter terkait perkembangan kesehatannya. Semoga tidak ada apa-apa dengan dia,” lanjut Aji.

Manager Timnas U-23 Gede Widiade mengatakan bahwa Evan langsung dilarikan di salah satu Rumah Sakit di Jakarta. ”Malam ini dia menjalani rontgen dan tes MRI (Magneting Resonance Imaging). Kami berharap tidak ada cedera parah dengan Evan,” harapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan