Segera Bayar Pembebasan Lahan Tol Seroja

’’Untuk panjang jalan tol ini antara 8-9 kilometer dengan biaya investasi diperkirakan mencapai Rp 1,8 triliun. Biaya pengadaan tanah menghabiskan Rp 696 miliar dan biaya kontruksi Rp 880 miliar,’’ ujarnya.

 Eka menuturkan, pihaknya mendorong adanya penjaminan oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), untuk merangsang peserta memasukan penawarannya.

’’Kepastian penjaminan akan disampaikan saat penerbitan adendum dokumen lelang April mendatang. Yang akan jadi pemenang lelang, mereka yang berani melakukan penawaran tarif terendah,’’ katanya.

Meski begitu, pihaknya mengantisipasi terjadinya penawaran tunggal. Apabila itu terjadi, pihaknya akan meminta persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. ’’Kalau disetujui, ini akan mengulangi pemenang tunggal seperti yang terjadi dilelang proyek pembangunan di Kualanamu, Medan. Mengenai pembatalan lelang diharapkan tidak terjadi,’’ paparnya.

Dirinya menambahkan, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) harus sudah terbentuk satu bulan sebelum konstruksi berjalan. Peserta lelang pun disarankan segera mencari sumber pendanaan dengan menghubungi lembaga pembiayaan pada September 2015. (mg15/rie)

Tinggalkan Balasan